Emas Dunia Pamer Pesona saat Fed Mulai Pertemuan

    Angga Bratadharma - 16 September 2020 07:54 WIB
    Emas Dunia Pamer Pesona saat Fed Mulai Pertemuan
    Ilustrasi. FOTO: AFP/PATRICK HERTZOG
    Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena Federal Reserve AS memulai pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Dalam hal ini, Fed diyakini membahas mengenai target rata-rata inflasi yang hendak dicapai.

    Mengutip Xinhua, Rabu, 16 September 2020, kontrak emas teraktif untuk pengiriman Desember naik USD2,5 atau 0,13 persen menjadi USD1.966,2 per ons. Perak untuk pengiriman Desember naik 10,9 sen, atau 0,4 persen menjadi USD27,464 per ons. Platinum untuk pengiriman Oktober naik USD23,5 menjadi USD982,2 per ons.

    Pertemuan FOMC dua hari yang dimulai pada Selasa waktu setempat akan menjadi yang terakhir sebelum pemilihan umum AS. Investor mencermati pengumuman Federal Reserve pada Rabu waktu setempat setelah pertemuan berakhir. Pasar mengharapkan pernyataan dovish dari Fed karena akan menyebabkan ekspektasi peningkatan inflasi.

    Sementara itu, sebuah laporan yang dirilis oleh Federal Reserve menunjukkan bahwa indeks produksi industri naik 0,4 persen pada Agustus, sedikit lebih buruk dari yang diharapkan dan lebih buruk dari pembacaan dari bulan sebelumnya.

    Sebuah laporan yang dirilis oleh Federal Reserve New York menunjukkan bahwa Empire State Index meningkat 13,3 poin menjadi 17 pada September, lebih baik dari yang diharapkan. Investor juga menimbang kemiskinan dan tingkat tidak diasuransikan untuk asuransi kesehatan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Penguatan dapat terjadi karena bursa saham Wall Street mencermati pertemuan penting oleh Federal Reserve terkait langkah kebijakan moneternya.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 2,27 poin atau 0,01 persen menjadi 27.995,60. Sedangkan S&P 500 naik 17,66 poin atau 0,52 persen menjadi 3.401,20. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 133,67 poin atau 1,21 persen menjadi 11.190,32.

    Saham perusahaan teknologi besar AS seperti Amazon, Facebook, Netflix, dan Google-parent Alphabet semuanya ditutup lebih tinggi. Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 bergerak lebih tinggi, dengan layanan komunikasi dan real estat masing-masing naik 1,72 persen dan 1,39 persen, melampaui sisanya. Sektor teknologi naik satu  persen.

    Sedangkan sektor keuangan tergelincir 1,36 persen, menjadi kelompok berkinerja terburuk. Perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi, dengan enam dari 10 saham teratas berdasarkan bobot dalam indeks Tiongkok 50 yang terdaftar di S&P AS mengakhiri hari dengan catatan optimistis.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id