Petronas Taksir Laba Setelah Pajak Kuartal I Naik Jadi USD2,25 Miliar

    Ade Hapsari Lestarini - 01 Juni 2021 12:18 WIB
    Petronas Taksir Laba Setelah Pajak Kuartal I Naik Jadi USD2,25 Miliar
    Logo Petronas. Foto: AFP/Mohd Rasfan.



    Kuala Lumpur: Perusahaan minyak dan gas milik negara Malaysia Petronas mengatakan laba setelah pajak untuk kuartal pertama tahun ini naik menjadi 9,3 miliar ringgit (USD2,25 miliar).

    Kenaikan ini didukung oleh pemulihan komoditas harga sejak covid-19, serta penurunan biaya grup secara keseluruhan. Demikian dilansir dari Xinhua, Selasa, 1 Juni 2021.

     



    Angka laba kuartal Januari-Maret dibandingkan dengan tahun sebelumnya tercatat sebesar 4,5 miliar ringgit. Pendapatan Petronas untuk kuartal ini, bagaimanapun, turun 12 persen tahun-ke-tahun menjadi 52,5 miliar ringgit dari 59,6 miliar ringgit tahun lalu.

    Penurunan pendapatan ini karena volume penjualan produk minyak bumi, gas alam cair dan gas alam yang lebih rendah, ditambah dengan efek dari ringgit yang lebih kuat terhadap nilai tukar dolar AS.

    Petronas dalam pernyataanya mengungkapkan, investasi modal grup untuk kuartal tersebut mencapai 6,7 miliar ringgit, terutama dikaitkan dengan proyek hulu.

    Presiden dan CEO Petronas Muhammad Taufik mengatakan kinerja keuangan grup pada kuartal pertama mencerminkan komitmen berkelanjutan untuk keunggulan komersial. Serta operasional sambil menjaga tingkat likuiditas yang sehat untuk memperkuat ketahanannya.

    "Langkah-langkah yang diambil secara sengaja sepanjang 2020 telah memberikan grup ini landasan yang lebih kuat untuk lebih tahan terhadap kondisi pasar yang bergejolak sementara kami bersaing dengan transisi energi global," katanya.

    Dia menambahkan, permintaan industri minyak dan gas diperkirakan akan meningkat, mengikuti program peluncuran vaksin global. Tetapi prospek pemulihan masih belum pasti karena risiko kebangkitan covid-19.

    "Petronas akan terus mendorong keunggulan komersial dan operasional didukung pemulihan harga minyak yang sederhana sambil menjaga tingkat likuiditas yang sehat," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id