Israel Berpeluang Perluas Bisnis di UEA

    Arif Wicaksono - 23 Agustus 2020 18:23 WIB
     Israel Berpeluang Perluas Bisnis di UEA
    Bendera Israel. Foto ; AFP.
    Dubai: Kesepakatan penting Israel dengan UEA untuk menormalkan hubungan dapat membuat bisnis dari negara Yahudi itu beroperasi di depan pintu saingan berat Iran. Hal ini tak mengganggu hubungan ekonomi Emirat dengan Iran.

    "Ini juga bisa membuka jalan bagi keterlibatan ekonomi langsung antara pebisnis Iran yang berbasis di Israel dan UEA yang akan meraup keuntungan dari politik," kata para ahli dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 23 Agustus 2020.

    Cinzia Bianco, seorang peneliti di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, mengatakan akan butuh waktu sebelum orang Iran di UEA bertemu langsung dengan orang Israel.

    "Penting untuk ditekankan di sini bahwa sebagian besar orang Iran yang memiliki hubungan nyata di republik Islam telah diusir atau dipindahkan dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

    "Mereka yang tetap tinggal di Dubai atau UEA pada umumnya adalah pebisnis ultra-pragmatis, yang menolak untuk terlibat dalam segala jenis politik. Jadi beberapa dari mereka melihat kesepakatan ini sebagai peluang, bukan tantangan," tambahnya.

    Uni Emirat Arab yang kaya minyak adalah negara Arab pertama yang menjalin hubungan dengan Israel. Hal ini sempat disinyalir bisa memicu ketidakstabilan regional karena Israel kerap dimusuhi negara Arab karena persoalan kemerdekaan Palestina. 

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id