Ekonomi Tiongkok Terus Pulih Sejak Lockdown

    Arif Wicaksono - 17 November 2020 14:28 WIB
    Ekonomi Tiongkok Terus Pulih Sejak <i>Lockdown</i>
    Tiongkok. Foto : AFP.
    London: Data perekonomian terbaru dari Tiongkok memberikan bukti lebih lanjut bahwa ekonomi Tiongkok melanjutkan pemulihannya dari malaise yang disebabkan oleh lockdown pada Februari 2020.

    Kepala Analis Pasar dari CMC Markets Michael Hewson mengatakan bahwa penjualan ritel terakhir di Tiongkok pada Oktober terus bergerak lambat kembali ke wilayah positif yang dimulai pada Agustus. Penjualan ritel barang-barang konsumen Tiongkok naik 4,3 persen tahun ke tahun menjadi 3,86 triliun yuan (sekitar USD584,5 miliar) pada Oktober.

    Pertumbuhan meningkat dari kenaikan 3,3 persen di September setelah pengukur konsumsi utama membukukan pertumbuhan positif pertama tahun ini di Agustus dengan naik 0,5 persen secara tahun ke tahun.

    "Angka Oktober terbantu tidak sedikit oleh liburan Minggu Emas di awal bulan, dan sangat bagus untuk akhir tahun yang kuat, dengan Hari Jomblo di November kemungkinan juga menawarkan dorongan yang signifikan ketika angka November dirilis bulan depan," kata Hewson, dikutip dari Xinhua, Selasa, 17 November 2020.

    Hewson mencatat produksi industri Tiongkok juga terus berkinerja baik. "Ini mempertahankan level yang kami lihat pada September, dan yang sekarang kembali ke level yang kami lihat pada akhir tahun lalu," katanya.

    Data NSBC menunjukan bahwa total nilai tambah perusahaan industri di atas ukuran yang ditentukan tumbuh 6,9 persen tahun ke tahun di Oktober atau sama dengan di September.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id