Optimisme Vaksin Covid-19 Dorong Harga Minyak Dunia Naik

    Angga Bratadharma - 11 November 2020 08:01 WIB
    Optimisme Vaksin Covid-19 Dorong Harga Minyak Dunia Naik
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), sebagai tanggapan atas berita positif tentang kandidat vaksin virus korona. Para pedagang berharap vaksin tersebut bisa efektif menekan penyebaran covid-19.

    Mengutip Xinhua, Rabu, 11 November 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik USD1,07 menjadi USD41,36 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari naik USD1,21 menjadi USD43,61 per barel di London ICE Futures Exchange.

    Pergerakan tersebut mengikuti reli besar-besaran pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB) di pasar minyak dengan WTI dan Brent meroket masing-masing 8,5 persen dan 7,5 persen. Penemuan vaksin diharapkan bisa membuat pasar minyak dunia terus membaik.

    "Optimisme investor yang cukup besar tidak diragukan lagi merupakan faktor pendorong utama dalam hal ini menyusul berita tentang kemajuan yang menjanjikan dalam pengembangan vaksin covid-19," kata Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg, dalam sebuah catatan.

    "Ada sedikit faktor fundamental untuk mendukung peningkatan yang lebih nyata, karena pandemi terus membayangi," tambahnya.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat berakhir bervariasi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena para pedagang melakukan aksi jual di saham teknologi. Namun, bursa Wall Street masih mendapat sentimen positif dari kemenangan Joe Biden dan ditemukannya vaksin covid-19.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 262,95 poin atau 0,90 persen menjadi 29.420,92. Sedangkan S&P 500 turun 4,97 poin atau 0,14 persen menjadi 3.545,53. Kemudian indeks Komposit Nasdaq turun 159,93 poin atau 1,37 persen menjadi 11.553,86.

    Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan sektor energi naik 2,52 persen, memimpin kenaikan. Sedangkan saham teknologi melemah sebanyak 1,94 persen, kelompok dengan kinerja terburuk.

    Pergerakan pasar yang berbeda terjadi setelah produsen obat Amerika, Pfizer, dan perusahaan farmasi Jerman, BioNTech, mengumumkan analisis data yang menunjukkan kandidat vaksin covid-19 mereka lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah covid-19.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id