comscore

IMF: Penurunan Signifikan Yen Berkaitan dengan Suku Bunga Jepang-AS

Antara - 09 Juni 2022 13:08 WIB
IMF: Penurunan Signifikan Yen Berkaitan dengan Suku Bunga Jepang-AS
Ilustrasi. FOTO: AFP
Tokyo: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menyebutkan depresiasi signifikan yen baru-baru ini mencerminkan fundamental. Hal itu seperti ekspektasi pasar tentang jalur kebijakan moneter yang berbeda antara Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Kepala Misi IMF di Jepang Ranil Salgado mengatakan pergerakan yen baru-baru ini terhadap dolar sangat berkorelasi dengan perbedaan suku bunga Jepang-AS. Naiknya harga bahan mentah global juga membebani yen, karena Jepang, importir komoditas utama, harus membayar lebih banyak dolar.

"Kami percaya pergerakan yen mencerminkan fundamental. Kami melihat efek positif dan negatif dalam depresiasi yen," kata Salgado, dilansir dari Antara, Kamis, 9 Juni 2022.

Salgado mengatakan pelemahan yen akan membantu eksportir dan memfasilitasi pencapaian target inflasi 2,0 persen bank sentral Jepang dengan mendorong naik harga-harga impor. Tapi depresiasi yen akan merugikan importir dan rumah tangga dengan mendorong naik biaya hidup.

Yen turun ke level terendah baru 20 tahun di 134,56 per dolar pada Kamis, terbebani oleh kenaikan suku bunga di tempat lain pada saat bank sentral Jepang tetap terikat untuk menjaga kebijakan yang sangat merangsang.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id