The Fed Optimistis Ekonomi Naik di 2021

    Nia Deviyana - 11 Juni 2020 15:35 WIB
    The Fed Optimistis Ekonomi Naik di 2021
    Ketua The Fed Jerome Powell. Foto: AFP
    Washington: Bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) memutuskan mempertahankan suku bunga mendekati nol. Hal ini kemungkinan akan berlanjut hingga 2022.

    "Kami bahkan tidak berpikir tentang menaikkan suku bunga. Yang kami pikirkan adalah memberikan dukungan bagi perekonomian, dan ini membutuhkan waktu," kata Ketua The Fed Jerome Powell seperti dilansir CNBC International, Kamis, 11 Juni 2020.

    Seiring dengan keputusan suku bunga, para gubernur bank sentral memproyeksikan ekonomi bakal menyusut 6,5 persen pada 2020, tahun terjadi penghentian aktivitas bisnis akibat pandemi covid-19. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

    Namun, 2021 diperkirakan ekonomi mengalami kenaikan lima persen, diikuti kenaikan sebesar 3,5 persen pada 2022, keduanya jauh di atas tren jangka panjang ekonomi.

    Keputusan The Fed mengulangi komitmennya dari pertemuan April untuk mencapai target lapangan kerja maksimum dan stabilitas harga.

    The Fed juga mengatakan akan terus meningkatkan kepemilikan obligasi, menargetkan pembelian US Treasury sebesar USD80 miliar per bulan dan mortgage-backed securities (MBS) sebesar USD40 miliar.

    Powell mengatakan proyeksi ekonomi dibuat dengan ekspektasi umum adanya pemulihan ekonomi yang dimulai pada paruh kedua tahun ini, dan berlangsung selama beberapa tahun ke depan, didukung oleh suku bunga yang tetap pada level saat ini mendekati nol.

    Pada awal Maret, Fed memangkas kisaran target untuk suku bunga menjadi 0-0,25 persen. Acuan ini berfungsi sebagai patokan untuk pinjaman bank jangka pendek dan juga sebagai panduan untuk sebagian besar pinjaman konsumen.

    Adapun pejabat Fed tidak merilis proyeksi ekonomi triwulanan pada pertemuan Maret karena ketidakpastian sampai berapa lama AS akan tetap dalam mode stay at home dan berapa banyak dampak kerugian ekonomi.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id