comscore

Larang Impor di Wilayah Xinjiang, Tiongkok Respons Sanksi AS

Arif Wicaksono - 19 Desember 2021 20:25 WIB
Larang Impor di Wilayah Xinjiang, Tiongkok Respons Sanksi AS
Ekonomi Tiongkok. Foto : AFP.
Beijing: Tiongkok akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi institusi dan perusahaannya setelah Senat Amerika Serikat (AS) mengeluarkan undang-undang baru yang melarang impor dari wilayah Xinjiang. Ada pengecualian untuk bisnis yang berproduksi tanpa kerja paksa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan tindakan itu menunjukkan AS tidak keberatan untuk mencoreng Tiongkok dengan segala cara.
"Tindakan yang relevan secara serius merusak prinsip-prinsip ekonomi pasar dan aturan ekonomi dan perdagangan internasional, dan secara serius merusak kepentingan institusi dan perusahaan Tiongkok," kata Wang kepada Channel News Asia, Minggu, 19 Desember 2021.

"Tiongkok sangat menyesalkan dan menolak itu, dan mendesak AS untuk segera memperbaiki kesalahannya. Tiongkok akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingan yang sah dari institusi dan perusahaan Tiongkok," kata Wang.

Undang-undang tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian hukuman AS yang semakin intensif atas dugaan pelecehan sistemik dan meluas yang dilakukan Tiongkok terhadap etnis dan agama minoritas di wilayah barat, terutama Uyghur yang mayoritas Muslim di Xinjiang.

Presiden AS Joe Biden, yang diperkirakan akan menandatangani undang-undang tersebut setelah mengatasi keraguan awal dari Gedung Putih dan apa yang dikatakan pendukungnya sebagai penentangan dari perusahaan, juga mengumumkan sanksi baru pada hari Kamis. Mereka menargetkan beberapa perusahaan biotek, produsen drone terkemuka Tiongkok atas tindakan mereka di Xinjiang.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id