Sektor Manufaktur AS Terkontraksi di Maret 2020

    Arif Wicaksono - 02 April 2020 21:24 WIB
    Sektor Manufaktur AS Terkontraksi di Maret 2020
    Amerika Serikat. Foto : AFP.
    Washington: Aktivitas ekonomi di sektor manufaktur Amerika Serikat (AS) mengalami kontraksi pada Maret di tengah meningkatnya wabah virus korona atay covid-19. Hal ini dikatakan oleh Institute for Supply Management (ISM).

    Indeks Pembelian Manajer atau Purchasing Manager Index (PMI) berada pada level 49,1 persen, turun satu poin dari Februari.

    Capaian di bawah 50 persen menunjukkan sektor manufaktur sedang berkontraksi. PMI berkontraksi selama lima bulan berturut-turut dari Agustus hingga Desember tahun lalu di tengah ketegangan perdagangan AS-Tiongkok.

    "Komentar dari panel negatif mengenai prospek jangka pendek, dengan sentimen jelas dipengaruhi oleh pandemi covid 19 dan volatilitas pasar energi," ujar Ketua Komite Survei Bisnis Manufaktur ISM, Timothy Fiore, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Xinhua, Kamis, 2 April 2020.

    "PMI kembali ke wilayah kontraksi, dan dengan lintasan negatif," kata Fiore.

    Seorang eksekutif bisnis dari industri permesinan mengatakan, covid-19 telah menyebabkan penurunan 30 persen dalam produktivitas di pabrik kami.

    "Penyebaran covid-19 di AS mungkin mulai berdampak pada bisnis domestik kami," kata seorang eksekutif dari industri produk logam fabrikasi.

    Namun, seorang eksekutif dari produk makanan, minuman dan tembakau, mengaku mengalami rekor jumlah pesanan karena covid-19.

    Amerika Serikat telah melaporkan lebih dari 190 ribu kasus covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 4.100 kematian pada Rabu siang, menurut alat pelacak data yang dikembangkan oleh Pusat Ilmu dan Teknik Sistem di Universitas Johns Hopkins.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id