Kuartal I-2020

    Penjualan Ponsel Pintar Secara Global Anjlok

    Arif Wicaksono - 02 Juni 2020 12:59 WIB
    Penjualan Ponsel Pintar Secara Global Anjlok
    Ilustrasi. Foto ; AFP.
    Washington: Penjualan ponsel pintar global mengalami penurunan terburuk pada kuartal pertama ketika pandemi virus korona menyerang belanja konsumen.  Survei Gartner menemukan penurunan 20,5 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

    "Penurunan terjadi di tengah meningkatnya ketidakpastian ekonomi dan penguncian yang diperintahkan pemerintah di banyak bagian dunia pada Maret," kata Gartner dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 2 Juni 2020.

    Faktor lain adalah penutupan pabrik, banyak di Tiongkok yang memproduksi handset untuk sebagian besar pembuat smartphone global.

    Data menunjukkan Samsung mempertahankan posisi terdepan dengan 18,5 persen dari pasar meskipun penjualan turun lebih dari 22 persen. Huawei tetap di nomor dua dengan pangsa pasar 14,2 persen, setelah penurunan penjualan 27 persen setelah terkena sanksi AS. Apple memegang tempat ketiga, melihat penurunan delapan persen.

    "Apple memiliki awal yang kuat untuk tahun ini berkat jajaran produk barunya yang melihat momentum kuat secara global," kata Annette Zimmermann, wakil presiden riset di Gartner.

    Annete menjelaskan bahwa kemampuan Apple untuk melayani klien melalui toko daring dan produksinya yang kembali mendekati level normal pada akhir Maret membantu memulihkan beberapa momentum positif pada awal tahun. Penjualan global mencapai 299 juta unit pada kuartal ini dibandingkan dengan 375 juta tahun lalu.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id