S&P dan Nasdaq Kompak Anjlok

    Angga Bratadharma - 15 Agustus 2020 08:01 WIB
    S&P dan Nasdaq Kompak Anjlok
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Rata-rata indeks utama saham di bursa saham Wall Street berakhir beragam pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terdorong penjualan ritel Amerika Serikat (AS) pada Juli yang meningkat tidak sesuai ekspektasi.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 15 Agustus 2020, indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 34,30 poin atau 0,12 persen menjadi 27.931,02. Sedangkan S&P 500 turun sebanyak 0,58 poin atau 0,02 persen menjadi 3.372,85. Kemudian indeks Komposit Nasdaq turun 23,20 poin atau 0,21 persen menjadi 11.019,30.

    Sebanyak enam dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih rendah, dengan sektor utilitas turun 0,91 persen dan memimpin penurunan. Sedangkan sektor energi naik sebanyak 0,94 persen, menjadi kelompok dengan kinerja terbaik.

    Sementara itu, perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS sebagian besar diperdagangkan lebih rendah. Delapan dari 10 saham teratas berdasarkan bobot dalam indeks China 50 yang terdaftar di S&P AS mengakhiri hari dengan catatan suram.

    Departemen Perdagangan melaporkan penjualan ritel AS naik 1,2 persen bulan lalu setelah menguat 8,4 persen pada Juni. Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan kenaikan sebanyak dua persen. Para ahli mencatat adanya kebangkitan dalam penjualan ritel AS melambat pada Juli dari yang diharapkan, menunjukkan lonjakan covid-19 baru mengancam pemulihan ekonomi.

    Wall Street terus bergulat dengan nasib yang tidak pasti dari stimulus virus korona lebih lanjut di Amerika Serikat ketika anggota parlemen negara terus memperdebatkan paket tersebut. Sejauh ini, Demokrat dan Republik masih mengalami kebuntuan yang akhirnya berdampak buruk terhadap bursa saham.

    Sekitar 5,29 juta kasus covid-19 yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Amerika Serikat dengan hampir 168 ribu kematian pada Jumat sore, menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins. Meski terus meningkat, namun Pemerintah AS berupaya secara kontinu menghentikan penyebaran virus mematikan itu.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id