Januari-April, Perdagangan Luar Negeri Tiongkok Melesat 28,5%

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2021 12:02 WIB
    Januari-April, Perdagangan Luar Negeri Tiongkok Melesat 28,5%
    Ilustrasi. AFP PHOTO/GREG BAKER



    Beijing: Administrasi Umum Kepabeanan Tiongkok mencatat total impor dan ekspor Tiongkok meningkat sebanyak 28,5 persen secara tahun ke tahun (YoY) menjadi 11,62 triliun yuan (sekitar USD1,8 triliun) dalam empat bulan pertama 2021. Kondisi itu terjadi di tengah pandemi covid-19 yang belum berakhir.

    "Ini menandai peningkatan 21,8 persen dari tingkat pra-epidemi pada 2019," kata Administrasi Umum Kepabeanan, dilansir dari Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021.

     



    Ekspor melonjak 33,8 persen dari tahun sebelumnya, sementara impor naik 22,7 persen dalam nilai yuan. Surplus perdagangan meningkat sebanyak 149,7 persen menjadi 1,02 triliun yuan pada periode Januari-April.

    Impor dan ekspor negara itu mencapai 3,15 triliun yuan pada April saja. Ini menandai peningkatan tahun ke tahun sebesar 26,6 persen dan pertumbuhan bulan ke bulan sebesar 4,2 persen. Di April, surplus perdagangan menyusut 12,4 persen dari tahun sebelumnya menjadi 276,5 miliar yuan.

    Di sisi lain, antusiasme investor global terhadap pasar Tiongkok tampaknya tak terbendung meskipun pandemi covid-19 belum berakhir. Pasalnya data terbaru menunjukkan bahwa Tiongkok berhasil melewati kejatuhan ekonomi di tahun yang bergejolak dan menjadi tujuan investasi teratas di seluruh dunia.

    "Pada 2020, arus investasi langsung asing (FDI) global anjlok 38 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD846 miliar atau level terendah sejak 2005," kata Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

    Angka FDI OECD menggemakan laporan Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan awal tahun ini, yang juga menemukan Tiongkok menjadi penerima FDI terbesar pada 2020. Daya tarik Tiongkok untuk investasi asing terus berlanjut hingga 2021, karena ekonomi Tiongkok mempertahankan kinerja positif pada kuartal pertama.

    Bahkan perusahaan asing mengharapkan masa depan yang menjanjikan di Tiongkok. Sebuah survei baru-baru ini oleh Kementerian Perdagangan (MOC) menunjukkan bahwa 96,4 persen perusahaan penanaman modal asing optimistis dengan prospek bisnis mereka di Tiongkok.

    "Angka tersebut mewakili peningkatan 2,1 poin dibandingkan dengan awal tahun," demikian survei terhadap lebih dari 3.200 perusahaan yang didanai asing.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id