comscore

Ant Group Berhenti Tawarkan Produk Simpanan Online Melalui Alipay

Arif Wicaksono - 20 Desember 2020 15:21 WIB
Ant Group Berhenti Tawarkan Produk Simpanan <i>Online</i> Melalui Alipay
Alipay. Foto ; AFP.
Beijing: Ant Grup, fintech milik Alibaba group, mengatakan pihaknya telah berhenti memberikan izin bagi masyarakat untuk menyetor dana  simpanan melalui platform online Alipay.

"Ant telah secara sukarela menghapus produk simpanan online dari Alipay sesuai dengan persyaratan peraturan terbaru untuk layanan simpanan online," menurut pernyataan perusahaan dikutip dari Strait Times, Minggu, 20 Desember 2020.
Penghapusan tidak akan memengaruhi individu yang sudah ada yang telah menyetor uang ke bank melalui Alipay.

Badan keuangan perusahaan teknologi besar termasuk JD Digits, Didi Chuxing, dan Du Xiaoman Financial dari Baidu telah menawarkan deposito dengan bunga tinggi pada aplikasinya.

Regulator Tiongkok telah memperingatkan raksasa teknologi besar negara itu bahwa mereka menghadapi pengawasan yang lebih ketat. Dibatalkanya IPO Ant Group senilai USD37 miliar adalah contohnya.

Regulator baru-baru ini mengatakan pemberi pinjaman lokal yang menarik simpanan secara nasional dengan bantuan platform internet melanggar peraturan yang membatasi bank kecil untuk menarik bisnis dari pasar dalam negeri mereka.

Kepala Biro Stabilitas Keuangan di Bank Sentral Tiongkok, Sun Tianqi, mengatakan bahwa produk-produk tersebut juga dapat mendorong suku bunga tinggi pada deposito, sehingga mengangkat biaya bagi bank dan menekan likuiditas pemberi pinjaman yang lebih kecil.

"Penjualan produk simpanan bank pada platform keuangan internet pihak ketiga adalah aktivitas keuangan ilegal, dan seperti 'mengemudi tanpa izin'," kata Sun, menambahkan bahwa bisnis tersebut harus dimasukkan dalam kerangka pengawasan keuangan PBOC.

Tolok ukur suku bunga deposito berjangka enam bulan berada pada 1,3 persen, tetapi suku bunga pada produk deposito enam bulan yang ditawarkan oleh platform online bisa lebih dari tiga kali lipat.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id