Media Sosial Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan

    Ade Hapsari Lestarini - 07 Juni 2021 14:52 WIB
    Media Sosial Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan
    Ilustrasi UMKM Panji Kitchen. Foto: dok pribadi.



    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat seluruh lini bisnis berubah. Mau tak mau, para pelaku usaha dituntut mampu beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Salah satunya beralih ke dunia digital melalui peran media sosial. Platform ini dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan mereka.

    Bantuan dari media sosial tentunya juga perlu didukung adanya pendampingan, baik dari pemerintah ataupun dari para mahasiswa. Salah satunya dilakukan oleh para mahasiswa dari Universitas Mercu Buana melalui kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN).

     



    Adalah Cindy Olivia dan Dian Rahma, mahasiswi dari jurusan Marketing Communication & Advertising Universitas Mercu Buana yang melakukan kegiatan pendampingan kepada UMKM yang bergerak di bidang kuliner, Panji Kitchen.

    "Kami mendampingi pemilik untuk mengelola akun instagram Panji Kitchen. Yaitu dengan melakukan rebranding dari Panji Pastel menjadi Panji Kitchen. Hal ini berdasarkan adanya produk-produk baru. Kami mengubah tagline dari 'go grab your pastel' menjadi 'go grab your Panji Kitchen delicacies'," jelas Dian, Senin, 7 Juni 2021.

    Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk terciptanya kesadaran merek dengan konsep pendampingan pada akun media sosial instagram Panji Kitchen yang telah ditentukan. Keduanya membantu mengelola akun tersebut agar lebih terstruktur dan menarik, yaitu dengan membuat konten-konten yang persuasif dan informatif.

    UMKM Panji Kitchen sebelumnya sudah memiliki akun media sosial bernama Panji Pastel. Namun, karena adanya keterbatasan dari pemilik dalam memanfaatkan tools instagram untuk membuat instagram yang kreatif, maka diarahkanlah media sosialnya menjadi menarik. Caranya dengan memberikan konten informatif (hari besar nasional, manfaat dari puding), konten persuasif (hampers produk Panji Kitchen), konten reminding (nomor kontak baru Panji Kitchen), hingga konten entertaining (games dan interaksi followers).

    "Hal ini dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh khalayak dan meningkatkan insight instagram Panji Kitchen. Bentuk komunikasi yang kami lakukan ialah secara persuasif dengan mengajak owner (pemilik) dari Panji Kitchen, yaitu Yakti Rizkinanda agar bersedia didampingi oleh tim KPN," paparnya.

    Media sosial instagram kami pilih karena masyarakat zaman sekarang yang cenderung lebih sering menggunakan media sosial instagram untuk berkomunikasi dan berbagi atau mencari informasi.

    Adapun produk utama Panji Kitchen yaitu pastel yang merupakan kudapan mengenyangkan padat isian. Selama bulan puasa dan menjelang Lebaran lalu, Panji Kitchen berekspansi dengan menjual hampers kepada konsumen.

    Pendampingan media sosial

    Agar terlihat perkembangan dari pendampingan ini, sang pemilik usaha pun disarankan untuk mengalihkan akun media sosialnya ke akun bisnis. Karena instagram bisnis tersebut memberikan fitur berupa Insight Analytic Instagram seperti untuk mengetahui jumlah reach, impression, audience, sehingga dapat menyesuaikan strategi promosi serta konten-konten yang akan dibuat.

    "Tidak hanya sebagai platform marketing dan meningkatkan penjualan produk Panji Kitchen saja, tetapi akun ini juga digunakan untuk meningkatkan engagement atau interaksi dengan pelanggan. Dari hasil kegiatan dan pendampingan yang telah kami lakukan sejak April hingga Juni 2021 ini, terlihat adanya peningkatan pada reach, impression, dan juga followers pada akun instagramnya," bebernya.

    Berdasarkan data instagram analitik akun tersebut, pada 27 Mei 2021, akun instagram Panji Kitchen mencapai 138 accounts reach, yaitu bertambah 9,5 persen dalam waktu 30 hari terakhir. Data ini berdasarkan 85 followers dan 83 followers. Bahkan, akun ini mencapai lebih banyak 15,25 persen dari non-follower akun Panji Kitchen.

    "Data ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan 28 Maret-26 April. Nilai reach yang diperoleh berdasarkan tipe konten, yaitu dari posts 199, dan stories 73. Impression yang diperoleh akun Panji's Kitchen yaitu 1.412 atau bertambah 8,2 persen dibandingkan nilai impression pada 27 Maret-26 April. Akun instagram Panji Kitchen memiliki 121 followers. Pada 30 hari terakhir persentasinya bertambah 6,1 persen dibandingkan pada 26 April," paparnya.

    "Sejak instagram Panji Kitchen dikelola dengan baik, follower bertambah dan pesanan meningkat. Saya sampai ditunggu pelanggan di dapur untuk pesanan pastel karena orangnya takut enggak kebagian kuota (pastel)  hari itu," tambah Yakti.

    Dengan adanya perkembangan positif, para mahasiswi sebagai pendamping UMKM ini berharap, pemilik bisa melanjutkan kegiatan pemasaran di Instagram secara efektif.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id