3 Tips Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

    Annisa ayu artanti - 09 Mei 2020 11:58 WIB
    3 Tips Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi
    Ilustrasi - - Foto: Kuwaitmegadeals
    Jakarta: Pandemi virus korona membawa dampak besar diberbagai sektor. Namun dampak ini dapat menjadi kesempatan dan peluang usaha bagi Usahha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    CEO Paxel Bryant Christanto mengatakan peluang tersebut berupa perubahan perilaku belanja masyarakat yang menuju tren jual beli online. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, masyarakat sudah mengurangi  transaksi offline untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

    "Terkait ketidakstabilan ekonomi yang belakangan dialami banyak pihak, gencarnya bisnis para pelaku UKM ini adalah peluang yang bagus untuk dijajaki. Memulai bisnis berskala kecil menengah, seperti berjualan makanan beku, bisa dilakukan dengan mudah asalkan kita mengerti caranya," kata Bryant dalam keterangan tertulisn yang diterima Medcom.id, Sabtu, 9 Mei 2020.

    Ia menyebut terdapat tiga tips untuk memulai dan mempertahankan bisnis UMKM di tengah masa pandemi, yakni

    1. Inovasi produk berdasarkan kebutuhan

    Bryant menyebut inovasi sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini. Inovasi binsis harus lebih fleksibel dengan melihat keperluan yang dibutuhkan masyarakat seperti kebutuhan akan masker. Berjualan masker menjadi salah satu opsi untuk pilihan berbisnis.


    Mitra Paxel dan juga pemilik usaha Jahitin.com, Asri mengaku memproduksi 3.000 masker per hari dan bisa membuat 300 mitra penjahit mereka tetap produktif disaat pandemi.

    2. Perhatikan standar kualitas produk

    Terkait toko yang tidak bisa beroperasi, bisa disiasati dengan menyediakan paket-paket ekonomis dan paket spesial Ramadan dengan mempertahankan kualitas.

    Contohnya, Bakso Ati Raja Makassar yang menjadi mitra Paxel, menghadirkan paket ekonomis spesial bulan Ramadan.

    3. Maksimalkan layanan sameday delivery

    Maraknya bisnis UMKM di jalur online, membutuhkan partner yang bisa memastikan produk diterima konsumen dengan cepat dan aman. Layanan logistik sameday delivery membuat pengusaha UMKM tidak terbatasi oleh jarak yang jauh.

    Melalui tiga tips tersebut, Bryant mendorong masyarakat untuk berani mengambil kesempatan dan memaksimalkan pemasukan selama di rumah saja.

    "Khususnya di bulan Ramadan, ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan seperti berjualan makanan beku, kue kering, atau aneka kerajinan tangan," tukasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id