UMKM Didesak Tingkatkan Daya Saing Sebelum Bergabung di Platform Online

    Wahyu Dwi Anggoro - 21 Oktober 2021 22:42 WIB
    UMKM Didesak Tingkatkan Daya Saing Sebelum Bergabung di Platform <i>Online</i>
    Ketua Incoming International Council of Small Business (ICSB) Hermawan Kartajaya. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.



    Jakarta: Ketua Incoming International Council of Small Business (ICSB) Hermawan Kartajaya mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

    Meski demikian, UMKM Indonesia perlu melakukan persiapan matang sebelum bergabung dengan platform online.

     



    "Tantangan utama UMKM apa? (Go) online. Saya sudah bekerja sama dengan Profesor Philip Kotler, Bapak Pemasaran Modern, untuk meyakinkan UMKM. Kalau tidak online, mati. Tapi kalau pergi online tanpa persiapan, Anda akan mati juga," kata Kartajaya kepada Metro Globe Network (MGN), dikutip Medcom.id, Kamis, 21 Oktober 2021.

    "Jika Anda adalah usaha kecil atau menengah, dan Anda tidak siap dengan pemasaran, pemasaran sebenarnya bukanlah komunikasi, bukan PR, bukan styling, tetapi keunggulan kompetitif. Apakah Anda memiliki biaya terendah, atau Anda memiliki diferensiasi, atau Anda memiliki keunggulan khusus. Segmen yang tidak dapat disaingi oleh pesaing Anda," jelasnya.

    ICSB, yang diwakili di lebih dari 85 negara, menggunakan platformnya untuk mendistribusikan pengetahuan dan informasi baru tentang manajemen usaha kecil dan pengembangan kewirausahaan.

    Organisasi ini menyatukan para pendidik, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan dan keahlian di bidangnya masing-masing melalui publikasi, program, lokakarya, sesi pelatihan, dan sertifikasi.

    "Harus berjejaring internasional dan organisasi ini adalah organisasi yang bagus untuk berjejaring. Banyak pejabat pemerintah, kampus dan pelatih di sini. Mereka saling bertukar pikiran," ujarnya.

    Meski pemerintah saat ini berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia, namun pemerintah Indonesia tetap perlu merumuskan strategi yang tepat guna meningkatkan daya saing UMKM lokal.

    "Kalau online, langsung berhadapan dengan kompetitor dari seluruh dunia. Ya pasarnya cukup besar tapi kompetitornya banyak," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id