Dukung UMKM Milenial Papua Naik Kelas via Pelatihan Kewirausahaan

    Medcom - 13 Oktober 2020 16:27 WIB
    Dukung UMKM Milenial Papua Naik Kelas via Pelatihan Kewirausahaan
    Papua Muda Inspiratif (PMI) dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) kembali hadir di Jayapura. Foto: dok KemenkopUKM
    Jayapura: Papua Muda Inspiratif (PMI) dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) kembali hadir di Jayapura, Papua sebagai kegiatan rutin pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

    Kegiatan ini dilakukan setelah sukses melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan di Papua Barat pada September lalu. Pelatihan dilaksanakan pada 12-15 Oktober di Swiss-bel Hotel Jayapura, melibatkan 60 pengusaha mikro asli Papua berusia 20 hingga 40 tahun, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

    Adapun kegiatan inspiratif ini dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM calon wirausaha dan wirausaha muda Papua di masa pandemi covid 19, agar Koperasi dan UMKM tetap eksis, dapat beradaptasi dan bahkan bisa tumbuh usahanya.

    Ketua Yayasan Papua Muda Inspiratif Rini Modouw berpendapat PMI menjadi wadah potensial bagi anak muda Papua untuk berjejaring dan terlibat aktif dalam kegiatan demo ekonomi, dengan tanggung jawab besarnya adalah mampu menginspirasi dari contoh keberhasilan mereka sendiri bagi anak muda Papua lainnya.

    "Sesuai visi PMI adalah untuk bersatu, bersinergi berkarya bagi tanah Papua diharapkan bukan saja slogan namun terpatri dalam setiap gerakan untuk memotivasi anak-anak muda asli Papua untuk bergerak maju dan sukses membangun bisnis kecil hingga menjadi pengusaha sukses dalam wadah PMI dengan pendampingan yang intens," lanjut Rini, dalam keterangan resminya, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Kasubid Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Triyanto, mewakili Asdep Pengembangan Kewirausahaan KemenkopUKM mengatakan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memotivasi para pemuda/pemudi Papua untuk segera memulai sebuah rintisan usaha dan pada kegiatan pelatihan dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru agar tetap survival dan bisa naik kelas.

    Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan yang baik dari Dinas Perindagkop, UMKM, Tenaga Kerja Provinsi Papua serta Wali kota Jayapura, kalangan akademisi, praktisi, dan UMKM milenial di Provinsi Papua.

    Sementara Kadis Perindagkop, UMKM, dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, merubah Papua dimulai dari anak muda, mereka harus diberikan pelatihan yang tepat sehingga dapat mengolah sumber daya alam Papua yang sangat kaya dengan baik. Untuk itu semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta harus bersinergi memberikan bimbingan dan kesempatan kepada anak-anak muda Papua.

    "Harapannya UMKM lokal Papua dapat bangkit dan bisa mengekspor produknya, tidak lagi pengusaha-pengusaha besar yang mengambil peranan," tambah Laduani.

    Secara bersamaan dilakukan juga Sosialisasi Pemasyarakatan Kewirausaahaan bagi 100 anak-anak muda perwakilan wilayah adat Mamta. Pelatihan di Kota Jayapura ini melibatkan anak muda asli Papua dari Kota dan Kabupaten Jayapura, seluruhnya berjumlah tiga angkatan dengan total peserta sebanyak 160 orang. 100 orang peserta pemasyarakatan kewirausahaan (satu angkatan) dan 60 orang peserta pelatihan kewirausahaan bagi pemuda (dua angkatan).

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id