comscore

304 UMKM Terlibat Bisnis dengan Perusahaan Kakap

Antara - 17 Desember 2021 20:14 WIB
304 UMKM Terlibat Bisnis dengan Perusahaan Kakap
Ilustrasi pelaku UMKM. Foto: dok MI/Bagus Suryo.
Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mengungkapkan sebanyak 304 UMKM terlibat bisnis dengan perusahaan kakap atau dalam kegiatan program rantai pasok kemitraan.

"Data sementara menunjukkan telah terjadi kemitraan sebesar 304 UMKM yang terlibat dalam kegiatan," ujar Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah KemenKopUKM, Hanung Harimba Rachman dalam konferensi pers daring, dilansir Antara, Jumat, 17 Desember 2021.

 



Menurut Hanung, pada tahun ini KemenkopUKM melakukan kemitraan dengan beberapa usaha besar yakni BUMN dan perusahaan ritel nasional.

Pihaknya melaporkan juga program Kemenkop UKM terkait dengan kemitraan UMKM untuk masuk rantai pasok. KemenkopUKM telah melakukan beberapa kegiatan yang bekerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Uniqlo, IKEA, grup Accor, MNC Group serta pihak-pihak lainya untuk mendorong produk-produk UMKM bisa masuk ke value chain mereka.

UMKM juga didorong untuk value chain industri dengan melakukan piloting, jadi selain dengan dunia usaha Kemenkop UKM juga mendorong UMKM untuk masuk ke rantai pasok BUMN.

"Kami telah melakukan kerja sama untuk piloting itu dengan sejumlah BUMN yakni Pertamina, Krakatau Steel, PLN, Perhutani, Kimia Farma, RNI, BRI dan Telkomsel," kata Hanung.

Menurut Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah KemenKopUKM tersebut, Indonesia harus belajar dari Jepang, Korea Selatan, maupun Tiongkok, UMKM menjadi bagian rantai pasok industri mulai dari sektor hulu.

"Kami ingin ke depannya UMKM ini menjadi komponen utama dalam rantai pasok industri. Beberapa hal yang kita lakukan tadi merupakan tahap-tahap awal inisiasi kita untuk mendorong UMKM nasional untuk masuk ke dalam rantai pasok di industri," kata Hanung Harimba Rachman.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id