Aquascape, Peluang Bisnis dari Hobi yang Dibanderol hingga Rp100 Juta

    Ade Hapsari Lestarini - 22 Februari 2021 12:39 WIB
    <i>Aquascape</i>, Peluang Bisnis dari Hobi yang Dibanderol hingga Rp100 Juta
    Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa. Foto: dok Ninja Xpress.



    Jakarta: Pandemi covid-19 yang menghantam seluruh dunia selama setahun belakangan ini telah mengubah perilaku masyarakat. Gerak pun menjadi terbatas.

    Kendati terbatas, masyarakat tetap mengembangkan hobi sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan di kala pandemi. Salah satu hobi yang semakin populer adalah aquascape atau seni menghias akuarium, dengan tanaman maupun hewan sehingga menghadirkan pemandangan yang indah.




    Di balik setiap tren ini, terdapat peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang jeli melihatnya. Seperti yang dilakukan oleh Wendy Kurniawan, seorang aquascaper dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mengawali bisnisnya dari hobi. Kini, bisnis aquascape yang ia geluti berkembang semakin pesat kala pandemi.

    Ia mengungkapkan bahwa pasar terbesar bisnis aquascape adalah para pekerja yang tengah mencari hobi baru. "Berawal dari harga ratusan ribu, sekarang aquascape termahal yang pernah saya jual harganya sampai Rp100 juta. Itu akuarium terbesar yang saya buat, ukurannya sekitar empat meter," kata Wendy, Senin, 22 Februari 2021.

    Terkait hal ini, Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa menuturkan Ninja Xpress mengulas keahlian aquascape Wendy Kurniawan dalam serial video YouTube Berguru (Belajar Ragam Usaha Baru). Menurut dia, ini merupakan upaya Ninja Xpress untuk memberi inspirasi bagi masyarakat produktif mencoba hal baru dan memulai bisnis dari rumah. Berguru juga merupakan bagian dari kampanye #ObsesiUntukNegeri, yang merupakan komitmen Ninja Xpress dalam mendukung dan membantu UKM serta merek lokal untuk terus berkembang.

    "Ninja Xpress sebagai mitra UKM memahami jika pandemi merupakan saat yang sulit bagi pelaku UKM. Di saat seperti ini, penting bagi pelaku UKM untuk melakukan inovasi, baik dengan membuat produk baru yang masih terkait dengan bisnis utama, maupun produk yang benar-benar baru yang tidak terkait dengan bisnis utama. Yang kedua ini dapat dilakukan dengan mencermati tren yang diminati oleh pasar di kondisi saat ini," jelas Andi.

    Menurut data Google Trend, ketertarikan masyarakat terhadap aquascape meningkat sejak awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, dan mencapai puncaknya pada Juni 2020. Hal ini turut didukung dengan temuan riset Bank Mandiri yang menyatakan bahwa pengeluaran masyarakat kelas atas untuk kategori hobi meningkat signifikan sepanjang Juni-September 2020.

    Ekonom Chatib Basri sempat memaparkan ada cukup banyak masyarakat yang mengalihkan belanja nonesensial untuk kegiatan hobi seperti merawat tanaman atau ikan hias di rumah. Senada, penelitian dari Universitas Indonesia juga mengungkapkan jika memelihara ikan cupang dan tanaman hias termasuk hobi yang paling diminati selama pandemi.

    Tak hanya sekadar menjadi hobi, aquascape rupanya dapat membawa manfaat yang positif bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Plymouth, Inggris menemukan bahwa menghabiskan banyak waktu dengan akuarium mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

    Memperhatikan gerak ikan atau tumbuhan di dalam akuarium rupanya dapat menurunkan stres, rasa sakit dan cemas, hingga meningkatkan kualitas tidur dan produktivitas. Di tengah pandemi yang rentan memicu stres, aquascape, dan banyak manfaatnya ini dapat menjadi alternatif aktivitas yang menarik.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id