Jurus Jitu Mengantar UMKM Mendunia

    Ade Hapsari Lestarini - 30 Oktober 2020 22:12 WIB
    Jurus Jitu Mengantar UMKM Mendunia
    Nurchaeti, salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina. Foto: dok Pertamina.
    Jakarta: Jika pada krisis 1998 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat bertahan. Tidak kali ini. Pada 2020, seluruh sektor terhantam, termasuk UMKM. Di awal virus korona masuk ke Indonesia, siapa yang menyangka pandemi ini akan memporak-porandakan perekonomian.

    UMKM pun 'angkat tangan' di awal pandemi tersebut. Di satu sisi, para pelaku usaha ini harus putar otak untuk menyiasati pandemi yang belum diketahui akhirnya. Ini semua dilakukan agar dapur tetap ngebul.

    Tak ingin melihat pelaku usaha terus terpuruk, PT Pertamina (Persero) pun 'pasang badan' untuk membangkitkan mereka. Perusahaan minyak dan gas bumi pelat merah itu membina UMKM melalui beberapa strategi dengan melakukan pendampingan dan pembinaan secara intensif kepada UMKM binaan.

    Namun demikian, program kemitraan ini sudah digencarkan Pertamina sejak sebelum pandemi tiba di Indonesia. Adapun skema pembinaan yang diterapkan yakni diawali dengan kondisi UMKM tradisional, kemudian menjadi Go Modern, lalu Go Digital, menjadi Go Online, hingga akhirnya bisa menembus pasar internasional menjadi Go Global.

    Jurus Jitu Mengantar UMKM Mendunia
    UMKM binaan Pertamina. Foto: dok Pertamina

    Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, dalam keterangan resminya kepada Medcom.id mengatakan salah satu tujuan UMKM adalah menciptakan lapangan kerja dan pemerataan ekonomi dari tingkat yang paling kecil. Sehingga mereka dapat membantu upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia.

    Pertamina juga akan membantu UMKM untuk naik kelas menjadi UMKM unggul dan mandiri melalui beberapa tahapan seperti membantu dapat pengurusan izin usaha atau sertifikat lain. Setelah itu mendorong dari UMKM tradisional menjadi Go Modern, Go Digital, Go Online, hingga Go Global.

    "Ini sebagai implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Fajriyah.
     

    Halaman Selanjutnya
      TKI beromzet miliaran Lihat…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id