Facebook Komitmen Bantu UKM Bangkit

    Gervin Nathaniel Purba - 23 Juli 2020 17:57 WIB
    Facebook Komitmen Bantu UKM Bangkit
    Facebook akan terus berkomitmen untuk terus memperkuat aktivitas jual-beli yang digerakkan oleh komunitas.
    Jakarta: Pandemi covid-19 menimbulkan krisis ekonomi yang menghantam para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Facebook berkomitmen untuk membantu para pelaku UKM bangkit dengan memanfaatkan platformnya.

    Dalam survei yang dilakukan Facebook, 50 persen pelaku UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook telah mengurangi jumlah karyawan sebagai dampak dari pandemi covid-19. Dari sisi pendapatan, para pelaku UKM ini juga terkena dampaknya.

    Survei mengungkapkan, 53 persen bisnis UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook melaporkan penjualan mereka dalam 30 hari terakhir lebih rendah dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

    "Di atas platform Facebook, kami memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk tumbuh melalui bisnis dan mendapatkan hubungan yang bermakna dengan lebih banyak orang," ujar Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari, Kamis, 23 Juli 2020.

    Sebanyak 85 persen pelaku UKM yang dimiliki perempuan di Facebook (dibandingkan dengan 81 persen bisnis UKM yang dimiliki oleh laki-laki) mampu menghasilkan pemasukan. Namun demikian, masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku UKM pada masa yang penuh tantangan ini.

    Salah satu tantangan berat yang harus mereka hadapi adalah bagaimana mereka mempertahankan arus kas. Survei Facebook menunjukkan, 15 persen pelaku UKM di Indonesia mengaku bahwa pengaturan arus kas akan menjadi tantangan berat dalam beberapa bulan ke depan.

    Covid-19 menuntut seluruh pelaku bisnis, baik besar maupun kecil, untuk beradaptasi dan melakukan perubahan. Seiring dengan berubahnya tren belanja pada masa pandemi dengan mengadopsi lebih besar lagi belanja secara online, pelaku bisnis juga harus melakukan upaya serius untuk beradaptasi dengan mengalihkan operasi bisnis mereka ke
    platform digital. Terutama bagi para pelaku bisnis yang sebelumnya masih menganggap digital sebagai pilihan berjualan kedua.

    Di Indonesia sendiri, 56 persen bisnis kecil dan menengah yang berada di Facebook melaporkan lebih dari 25 persen penjualan mereka terjadi di ranah digital selama beberapa bulan terakhir.

    Kegiatan jual-beli di atas platform Facebook bukanlah hal yang baru muncul. Selama lebih dari 15 tahun, Facebook telah membangun komunitas dengan menghubungkan orang-orang dengan keluarga, teman-teman, komunitas, dan bisnis yang mereka sukai.

    Membawa orang-orang terhubung dengan lebih dekat. Melalui hubungan ini, kegiatan jual-beli yang digerakkan oleh komunitas sebenarnya muncul secara alami.

    Komunitas yang berada di atas platform Facebook terhubung sangat erat dengan aktivitas jual-beli. Mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh hubungan dan interaksi yang terjadi di atas platform.

    "Tugas kami sebagai platform adalah untuk meningkatkan aktivitas tersebut agar para pelaku UKM dan orang-orang yang menggunakan platform kami mendapatkan pengalaman
    lebih nyaman ketika melakukan jual-beli, memudahkan pelaku UKM untuk menjual barang-barang mereka, dan lebih aman bagi semua orang yang terlibat dalam proses jual-beli tersebut,” kata Ruben

    Facebook akan terus berkomitmen untuk terus memperkuat aktivitas jual-beli yang digerakkan oleh komunitas, dan membangun solusi untuk membantu pelaku usaha sukses di ranah digital.

    Apapun jenis usaha yang muncul di atas platform Facebook, kegiatan jual-beli yang digerakkan oleh komunitas ini akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan dapat memberdayakan orang-orang untuk saling terhubung dimanapun mereka berada.

    Di satu sisi, Facebook bekerja sama dengan Bank Dunia dan Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) akan melakukan survei selama enam bulan ke depan. Survei ini juga akan melihat bagaimana pelaku UKM melakukan penyesuaian dalam menghadapi krisi.

    Survei yang dilakukan oleh Facebook ini dapat membantu mengidentifikasi area-area di mana dukungan itu dapat membuat perbedaan besar. Ini adalah masa-masa sulit bagi bisnis di seluruh dunia, tetapi Facebook bertekad untuk melakukan semua yang bisa dilakukan untuk membantu UKM melewatinya.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id