Cara Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas

    Suci Sedya Utami - 10 Juli 2020 19:09 WIB
    Cara Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas
    Ilustrasi UMKM. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Pemerintah terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya ultra mikro dan mikro untuk bisa naik kelas. Pasalnya selama ini UMKM jenis ini kerap kali menjadi juara bertahan karena berada di level yang sama.

    Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Fixy mengatakan selama ini tidak banyak UMKM ultra mikro yang berani mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan formal. Akibatnya hal ini membuat level usaha mereka terus menerus sama dan tidak ada peningkatan.

    "Mungkin karena baru memulai usaha, jadi mereka lebih percaya diri kalau memakai pembiayaan sendiri, kerabat, atau keluarga. Enggak mau ngutang," kata Fixy dalam webinar, Jumat, 10 Juli 2020.

    Fixy mengatakan selain tidak naik kelas, UMKM yang tidak mengakses pembiayaan melalui lembaga keuangan formal seperti perbankan atau koperasi juga tidak bisa mendapatkan akses pada bantuan pemerintah, seperti yang terjadi saat ini yang menurutnya banyak UMKM tidak bisa terakses bantuan penanggulangan cocid-19.

    Oleh karenanya Fixy menyarankan agar UMKM-UMKM tersebut memberanikan diri untuk masuk dalam lembaga pembiayaan formal. Ia bilang banyak fasilitas yang didapatkan oleh UMKM apabila telah tercatat dalam sistem formal seperti mendapatkan akses program kegiatan pemerintah.

    Selain itu, kata Fixy, dengan terhubung oleh lembaga pembiayaan formal maka kegiatan usaha akan bisa terdata dan tentunya bisa naik kelas serta memberikan kontribusi yang jelas pada perekonomian nasional.

    Ia bilang, Bank Dunia baru saja menaikkan status Indonesia dari middle income menjadi upper middle income dengan kenaikan income atau pendapatan USD1. Fixy mengira bukan tidak mungkin harusnya Indonesia sudah naik status sejak lama, hanya saja karena pendapatan ultra mikro ini tidak tercatat membuat datanya tidak bisa terdeteksi.

    "Kalau lihat nature UMKM mereka banyak yang jadi juara bertahan, yang tadinya mikro terus saja jadi mikro. Padahal pemerintah berusaha bagaimana caranya agar UMKM ini naik kelas. Caranya ya dari informal pindah ke formal, mulai ikut lembaga pembiayaan perbankan, koperasi," jelas dia.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id