Bantuan Modal ke UMKM Sokong Kelangsungan Usaha

    Antara - 16 Juli 2020 14:09 WIB
    Bantuan Modal ke UMKM Sokong Kelangsungan Usaha
    Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan (tengah). Foto: dok MI/Susanto.
    Jakarta: Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpukul akibat pandemi covid-19 dan berefek terhadap ekonomi masyarakat. Bantuan itu diharapkan bisa menghidupkan kembali bisnis UMKM.

    "Banyak pelaku UMKM yang harus tutup sementara ataupun permanen karena tidak memiliki modal untuk melanjutkan usahanya," kata Syarief, dikutip dari Antara, Kamis, 16 Juli 2020.

    Apresiasi dan terima kasih itu dia sampaikan karena beberapa waktu lalu Presiden Jokowi memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta kepada pelaku UMKM. Pemberian yang dilakukan secara simbolis di halaman Istana Merdeka pada 14 Juli 2020, dan rencananya akan disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM.

    Ia menganggap UMKM merupakan tulang punggung dan penyanggah utama ekonomi Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja sampai 97 persen.

    Baca: Jokowi Beri Modal Rp2,4 Juta kepada 12 Juta Pedagang

    "Jika UMKM ini tidak cepat dibantu, maka akan sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat," kata Syarief Hasan.

    Mantan Menteri Koperasi dan UMKM tersebut memiliki pandangan yakni bantuan Presiden Jokowi dapat menjadi tambahan modal para pelaku UMKM untuk menormalkan usaha mereka. "Kondisi pemasukan UMKM yang berkurang selama masa pandemi covid-19 akan berangsur pulih kembali dengan adanya bantuan modal kepada UMKM," kata Syarief.

    Ia menganggap langkah Presiden Jokowi menyerahkan bantuan kepada UMKM di Istana Merdeka dapat menjadi preseden baik bagi pemerintah dan contoh yang nyata bagi menteri-menterinya. "Langkah bagus ini dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam penanggulangan pandemi covid-19, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi," kata dia.

    Diharapkan bantuan modal kerja tersebut dapat segera langsung disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM sehingga mereka bisa segera bangkit. "Semoga bantuan ini segera terealisasi di daerah-daerah. Sehingga UMKM dapat berkontribusi kembali terhadap PDB maupun penyerapan angkatan kerja kita," ucapnya.

    Lebih lanjut, ia mendorong agar kementerian-kementerian terkait dapat segera menindaklanjuti dan merealisasikan bantuan tersebut.

    "UMKM harus segera dibantu agar dapat segera hidup kembali. Begitupun stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lainnya, harapannya segera direalisasikan. UMKM tumbuh ekonomi maju, rakyat sejahtera," pungkas Syarief.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id