Lebih dari 11 Ribu Wirausaha Siap Raih Modal Usaha Rp2 Miliar

    Ade Hapsari Lestarini - 25 Oktober 2021 17:30 WIB
    Lebih dari 11 Ribu Wirausaha Siap Raih Modal Usaha Rp2 Miliar
    Ilustrasi pelaku UMKM. Foto: dok MI.



    Jakarta: Diplomat Success Challenge (DSC) 12, sebuah kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang diinisiasi Wismilak Foundation, terus menjaring proposal dan ide bisnis potensial dari berbagai daerah di Indonesia untuk mendapat hibah modal usaha total Rp2 miliar. Para wirausaha ini juga mendapat pendampingan berkelanjutan dari mentor profesional, serta jejaring Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

    "DSC 12 terus mendapatkan respons yang positif dari penggiat UMKM khususnya kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha. Sinyal positif ini menandakan optimisme penggiat UMKM yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, terus bangkit untuk meraih peluang dan siap membuat gebrakan. Hingga memasuki pekan pertama Oktober, total kami telah menerima lebih dari 11 ribu ide dan proposal bisnis," jelas Program Initiator DSC 12 Edric Chandra, dalam keterangan resminya, Senin, 25 Oktober 2021.

     



    Dia melihat bagaimana generasi muda Indonesia menunjukkan 'creative survival' dengan membuat terobosan ide bisnis yang segar dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Dengan membuka lebar bisnis berbagai kategori apapun, baik itu bisnis yang telah berjalan maupun yang masih dalam ide bisnis saja, diharapkan DSC 12 menjadi solusi yang mewadahi wirausaha Indonesia.

    Kompetisi DSC 12 hanya boleh diikuti secara perorangan. Peserta diperbolehkan mengirimkan ide sebanyak-banyaknya, dengan catatan atas nama perorangan (satu nama), dan proposal yang terpilih tetap hanya satu proposal atas satu nama. Untuk memperkuat proses seleksi, DSC 12  menghadirkan empat mentor nasional yang terdiri dari empat figur entrepreneur inspiratif dari berbagai industri kreatif.

    Direktur Utama Wismilak, Ronald Walla, mengatakan, sejak 2010, DSC memperkuat ekosistem wirausaha di Indonesia. DSC berkomitmen mendukung perekonomian Indonesia dengan mendorong usaha mikro dan melakukan percepatan pemberdayaan UMKM. Komitmen ini  mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat melalui sambutan dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri BUMN Erick Thohir.

    Target rasio kewirausahaan

    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah mencanangkan target rasio kewirausahaan nasional di 2021 sebesar 3,95 persen dengan pertumbuhan wirausaha baru sebesar empat persen. Namun rasio kewirausahaan Indonesia saat ini masih sekitar 3,47 persen.

    "Rasio persentase ini masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Karena itu dibutuhkan kolaborasi antara Pemerintah dan swasta dalam mempersiapkan peningkatan kualitas SDM unggul untuk mewujudkan target tersebut," papar Teten.

    Dalam membangun bisnis berbasiskan layanan atau jasa memiliki tantangan sendiri, salah satunya yaitu bagaimana dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Untuk memberikan kepuasan tersebut, banyak pelaku bisnis semakin memperhatikan strategi customer experience (CX) bisnisnya. Caranya yakni setiap pelaku bisnis harus menawarkan layanan kepada pelanggan tidak saja good experience, melainkan wow experience.

    "Keterbukaan informasi di era digital ini, customer senang membagikan pengalamannya ke media sosial, apabila mereka puas akan wow experience. Penting bagi pelaku bisnis untuk terus mengevaluasi, 'apakah layanan kami telah cukup memberikan wow experience bagi pelanggan?'," ungkap pengusaha Indra Gunawan yang membangun jaringan hotel kapsul Bobobox.

    Dalam menciptakan wow experience, dia menyarankan pebisnis melakukan riset terlebih dahulu, karena perubahan behavior konsumen selalu terjadi, terutama era pandemi seperti ini. Dari hasil riset yang Bobobox temui, anak muda kini tidak lagi mengutamakan harga, lokasi, dan experience, namun lebih memperhatikan hygiene, less crowded, dan less touch sebagai faktor utama memilih sebuah penginapan.

    Indra menambahkan, wow experience berkaitan erat dengan bagaimana sebuah layanan menciptakan operational excellence, yaitu bagaimana segala sesuatu yang diterima dan dirasakan benar-benar menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan sempurna. Jangan lupa, terus bangun customer intimacy melalui pendekatan humanis sehingga mendapatkan kepercayaan.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id