Alasan Rudiantara Ditarik Jadi Dirut PLN

    Annisa ayu artanti - 25 November 2019 18:23 WIB
    Alasan Rudiantara Ditarik Jadi Dirut PLN
    Rudiantara dipilih Menteri BUMN Erick Thohir jadi Dirut PLN. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Rudiantara memiliki keahlian dalam berbisnis sehingga menjadi sosok tepat untuk memimpin PT PLN (Persero).

    Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga usai Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan Rudiantara mengisi jabatan tinggi PLN.

    "Pak Rudiantara kan punya pengalaman juga di bidang telekomunikasi ya. Bisnis ya di bisnis. Artinya beliau itu pernah pegang perusahaan besar juga," kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019.

    Rudiantara akan menjadi direktur utama PLN menggantikan Sofyan Basir yang diberhentikan karena tersangkut kasus korupsi PLTU Riau I.

    Arya mengungkapkan Erick Thohir terus mengevaluasi perusahaan-perusahaan BUMN, tak terkecuali PLN. Ia menginginkan perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut menjadi BUMN sehat alias tidak ada yang merugi.

    Oleh karena itu, ia menggaet beberapa pebisnis seperti Rudiantara untuk membenahi perusahaan BUMN. "Setiap dirut kan tujuannya tidak boleh ada lagi kerugian," ucap dia.

    Rudiantara memulai kariernya menjadi General Manager Business Development di PT Indosat pada 1996. Ditahun yang sama dia pernah menjadi Chief Operating Officer PT Telekomindo Promabhakti.

    Di perusahaan BUMN, Rudiantara juga pernah menjabat sebagai direktur Semen Gresik, dan presiden direktur Bukit Asam Transpacific Railways dan Rajawali Asia Resources.

    Lalu pada 2008 Rudiantara juga pernah menjadi direktur PLN. Selama di PLN, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan, terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

    Selain itu karier bisnis Rudiantara juga pernah menjadi direktur hubungan korporat PT XL Axiata dan Wakil Presiden Direktur PT Semen Indonesia (Persero).



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id