Pertamina EP Prioritaskan 9 Lapangan Gunakan EOR

    Suci Sedya Utami - 12 Maret 2019 20:24 WIB
    Pertamina EP Prioritaskan 9 Lapangan Gunakan EOR
    Ilustrasi - - Foto: dok Pertamina
    Jakarta: PT Pertamina EP memprioritaskan sembilan lapangan minyak dan gas (migas) menggunakan teknologi echanced oil recovery (OER) untuk mendorong produksinya.

    Sembilan lapangan tersebut yakni Rantau, Sago, dan Ramba di Pertamina EP Aset 1; Jirak dan Limau di Pertamina EP Asset 2, Tambun dan Jatibarang di Pertamina EP Asset 3; serta Sukowati di Pertamina EP Asset 4, dan Tanjung di Pertamina EP Asset 5. Dari jumlah tersebut lima di antaranya menggunakan metode chemical yakni Tanjung, Rantau, Sago, Jirak, dan Limau. Empat lainnya menggunakan metode karbondioksida (CO2).

    Direktur Pengembangan Pertamina EP John H Simamora mengatakan lapangan tersebut dipilih karena masih memiliki jumlah cadangan migas yang besar. "Kami harus mengutamakan lapangan secara yang secara profit menguntungkan. Itu bisa dilihat dari sisa cadangannya," kata John dalam dalam diskusi Strategi dan Inovasi Pertamina EP Mendongkrak Produksi Migas di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Maret 2019.

    Di sebutkan rata-rata cadangan yang ada di setiap lapangan berkisar antara  300-700 MMSTB. Pertamina EP saat ini melakukan pilot EOR dengan polimer di struktur Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan akhir 2018. 

    “Field trial untuk chemical EOR polimer di Tanjung sekitar USD4 juta, termasuk untuk pengadaan 70 ton polimer,” ujar John.

    Adapun belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk sembilan lapangan tersebut sebesar USD2,55 miliar. Apabila dirinci yakni untuk Lapangan Tanjung USD65 juta, Lapangan Rantau USD 71 juta, Lapangan Sago USD62 juta.

    Kemudian untuk Lapangan Jirak USD72 juta, Lapangan Limau USD56 juta, Lapangan Ramba USD582 juta. Lalu Lapangan Sukowati USD545 juta, Lapangan Jatibarang USD720 juta serta Lapangan Tambun USD381 juta.

    Lebih jauh saat ini progres lapangan-lapangan tersebut mayoritas masih dalam tahap lab test dan GGRP study. Hanya Lapangan Tanjung yang sudah masuk tahap pengadaan.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id