Sri Mulyani Sentil Jonan terkait Pamer Proyek EBT - Medcom

    Sri Mulyani Sentil Jonan terkait Pamer Proyek EBT

    Suci Sedya Utami - 16 Mei 2019 06:14 WIB
    Sri Mulyani Sentil Jonan terkait Pamer Proyek EBT
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: am2018bali)
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengkritik pembangunan proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dianggap belum maksimal namun sudah dipamerkan. Kritik atau sentilan itu ditujukan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terutama kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan yang sering memajang foto-foto proyek EBT.

    "Saya berkali-kali diundang setiap tahun ke konfersi energi baru terbarukan. Pembangkit yang berasal dari angin di Sidrap itu dipamerin terus. Padahal cuma berapa megawatt," kata Ani, sapaan akrabnya, dalam one hour university di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2019.

    Ani bilang foto-foto yang ditampilkan berulang-ulang itu memang keren. Namun saat ini kapasitasnya masih kecil jika dibandingkan dengan yang dibutuhkan. Ani mengkritik demikian bukan tanpa sebab. Ia ingin agar Kementerian ESDM lebih terpacu untuk terus mengembangkan pembangkit EBT dengan kapasitas yang besar.

    "Fotonya keren, tapi berapa sih yang negara punya? Jangan bangun cuma untuk digambarin (dipamerin). Solar cell itu berapa ? Do we have gheotermal? Hydro? Katanya Indonesia mayoritas air, yes we do hanya untuk buat presentasi," tutur dia.

    Menurut dia diperlukan dukungan dunia usaha untuk mengembangkan EBT. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan institusi menjadi salah satu komponen bagi investasi masuk ke suatu negara.

    Oleh karenanya ia mengharapkan agar institusi Kementerian ESDM memiliki kebijakan yang bisa menarik investor di sektor EBT. Sehingga proyek EBT ke depannya memiliki kapasitas yang makin besar.

    Sebagai informasi, pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sindereng Rappang (Sidrap) di Sulawesi Selatan berkapasitas 75 megawatt (MW) yang dihasilkan dari 30 Wind Turbin Generator atau kincir angin dengan tinggi masing-masing mencapai 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter. Satu kincir anginnya mampu menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id