PLN Periksa 2.020 Instalasi Listrik Terkena Banjir

    Ilham wibowo - 10 Januari 2020 13:29 WIB
    PLN Periksa 2.020 Instalasi Listrik Terkena Banjir
    Direktur PLN Regional Jawa Barat, Haryanto WS memeriksa instalasi listrik di rumah warga Pondok Gede Permai. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Bekasi: PT PLN (Persero) bakal memastikan jaringan listrik wilayah terkena banjir Jabodetabek bisa kembali normal dalam waktu dekat. Ribuan instalasi listrik milik PLN maupun di rumah warga turut diperiksa.

    Direktur PLN Regional Jawa Barat Haryanto WS mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim khusus untuk mengoptimalkan jaringan listrik di wilayah banjir. Rumah warga perlu dipastikan aman sebelumnya kembali mendapatkan pasokan listrik.

    "Secara bertahap gardu yang sengaja dipadamkan untuk keselamatan warga itu bertahap kami selesaikan," kata Haryanto ditemui saat memberikan bantuan sosial di Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jumat, 10 Januari 2020.

    Instalasi listrik yang terendam air dan tertutup lumpur perlu dibersihkan dan dikeringkan. Pihak PLN pun memberikan bantuan pemeriksaan 2.020 unit instalasi listrik di rumah warga yang terbagi di tujuh unit PLN wilayah Jabodetabek.

    "Untuk meringankan masyarakat yang terdampak banjir. Kami melakukan pemeriksaan instalasi sebanyak 2.020 rumah," tuturnya.

    Pemeriksaan ini bekerjasama dengan anak usaha PLN yang mempunyai fungsi pemeriksaan instalasi rumah, yakni Haleyora Power. Instalasi yang diperiksa antara lain PLN Jatinegara 200 pelanggan, PLN Bintaro 300 pelanggan, PLN Cengkareng 300 pelanggan, PLN Cikokol 300 pelanggan, PLN Bekasi 400 pelanggan dan PLN Gunung Putri 220 pelanggan.

    "Kalau aman pastinya terhindar dari bahaya seperti korsleting yang menyebabkan kebakaran‎," ujarnya.

    Pihak PLN pun bakal merekomendasikan pelanggan untuk segera mengganti instalasi listrik yang mengalami kerusakan berat. Rencananya dana CSR PLN bakal dioptimalkan yang masuk dalam bantuan sosial.

    "PLN juga aktif bantu masyarakat dengan membuka dapur umum, termasuk posko di Cengkareng yang dikunjungi Pak Menteri BUMN, posko kesehatan dan juga perangkat anak sekolah," ucap Haryanto.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id