PLN Siapkan 700 Kv untuk Asian Games 2018

Kautsar Widya Prabowo - 10 Juli 2018 11:12 wib
General Manager TJBB Trino Erwin saat memberikan arahan kepada
General Manager TJBB Trino Erwin saat memberikan arahan kepada pegawai PLN. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)

Jakarta: PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) telah menyiapkan 100 ruas transmisi dengan pasokan hingga 700 kilovolt (Kv) untuk mendukung pagelaran Asian Games 2018. Demi mempersiapkan ini, PLN pun menggelar apel siaga kesiapan pasokan listrik Jakarta.

General Manager TJBB Trino Erwin menyampaikan saat ini terdapat 31 Gardu Induk (GI) dan 48 trafo yang akan memasok langsung ke venue Asian Games wilayah Jakarta dan Banten, dengan dukungan sebanyak 500 personil supporting.

"Tidak kurang dari 100 sirkuit jaringan transmisi, mulai dari 500 Kv hingga 700 Kv yang sudah kita lakukan assement untuk menyukseskan pasokan energi listrik dalam rangka Asian Games," ujarnya saat sambutan di Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 10 Juli 2018.

Baca: PLN: PLTGU Jawa 2 Amankan Listrik Asian Games 2018

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan tim khusus dari Pekerja dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang bekerja secara online. Hal tersebut untuk mengamankan pasokan listrik di 100 sirkuit jaringan transmisi mapun 31 gardu listrik yang ditujukan untuk venue Asian Games.

"Inilah bukti keseriusan kami dalam menyukseskan Asian Games, saya rasa kawan di GI supporting prima power dapat melaksanakan dengan amanah," tambahnya.


Peralatan pemeliharaan milik PLN. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)

Lebih lanjut, terkait apel kesiapan di APP Cawang, pihaknya menyakini peralatan pemeliharaan di lokasi tersebut, baru delapan persen dari yang telah disiapkan dengan teknologi cukup tinggi.

"Kita tidak berharap peralatan ini akan kita pakai, jika instalasi kita dalam kondisi aman," imbuhnya.

Selain itu, dari 31 trafo daya, 12 Trafo Interbus Transformer dan 100 sirkuit jaringan transmisi, masih ada lagi tiga buah trafo yang akan dipindahkan yang berpotensi mengganggu keamanan pasokan listrik.

"Hanya 14, 15, 16 (Juli), masih ada tiga buah yang akan dilakukan pemindahan yang berpotensi bisa mengganggu kendalanya sistem kita," pungkasnya.

 


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.