PLN Sumut Galakkan Penggunaan Kendaraan Listrik

    Ade Hapsari Lestarini - 01 Februari 2019 23:41 WIB
    PLN Sumut Galakkan Penggunaan Kendaraan Listrik
    Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar (kiri) saat berbincang dengan Manajer Komunikasi PLN UIW Sumut Rudi Artono (kanan). (FOTO: Medcom.id)



    Jakarta: PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) akan mulai menggencarkan penggunaan kompor listrik untuk masyarakat di daerah tersebut.

    "Kita juga mulai menggalakkan ke masyarakat untuk menggunakan motor listrik, kompor listrik," ujar Manajer Komunikasi PLN UIW Sumut Rudi Artono, saat berkunjung ke Redaksi Medcom.id, Jumat, 1 Februari 2019.






    Menurut Rudi saat ini Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang tersedia baru di 14 titik yang berada di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan pusat Kota Medan.

    "Kemarin ada mobil listrik dari ITS di Medan. 2019 rencana Kami memang mau memasarkan SPLU ini. Cuma kalau masyarakat belum menggunakan motor listrik, ya agak susah," tutur dia.

    Di sisi lain, PLN Sumut saat ini sudah mulai gencar melakukan sosialisasi tahap pertama dengan mengenalkan kompor induksi hingga ke hotel-hotel. Adapun kampanye pengunaan kompor listrik si Sumut telah digaungkan sejak 2018.

    "Harapan kita memang bisa massal penggunaannya," tambah dia.

    Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air secepat mungkin. Kebijakan itu lantaran kendaraan listrik bukan untuk masa depan melainkan sekarang.

    Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Surabaya bisa mempercepat pembuatan regulasi kendaraan listrik, sehingga bisa menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lainnya.

    Jonan menjelaskan hadirnya kendaraan listrik sejalan dengan kebijakan ketahanan energi nasional. Karena jika terus mengulur waktu dalam implementasi kendaraan listrik, diperkirakan pada 2025-2030, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan menjadi dua juta barel per hari, meningkat dari konsumsi sekarang sebesar 1,3 juta-1,4 juta barel per hari.

     

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id