Teknologi EOR Diharap Angkat Produksi Migas di 2023

    Suci Sedya Utami - 10 Oktober 2019 15:52 WIB
    Teknologi EOR Diharap Angkat Produksi Migas di 2023
    Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
    Jakarta: Satuan Kerja Khusus Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) penggunaan teknologi enhanced oil recovery (EOR) diharapkan bisa langsung berpengaruh pada peningkatan produksi migas di 2023.

    Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto meyakini penggunaan EOR akan mulai spin off di 2020 akan bisa mempercepat atau meningkatkan produksi. Jika tidak meningkatkan, kata Dwi, setidaknya bisa memperkecil penurunan (decline) produksi.

    "EOR kita harapkan bisa langsung berpengaruh pada 2023 dan kemudian eksplorasi," kata Dwi dalam sarasehan migas nasional di kantor pusat SKK Migas, City Plaza, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.

    Dwi menjelaskan apabila penurunan bisa diperkecil, maka harapanya target produksi minyak satu juta barel di 2030 bisa tercapai. Di satu sisi, kata mantan Direktur Utama Pertamina ini, kegiatan eksplorasi di Tanah Air kini makin memiliki harapan dengan adanya komitmen kerja pasti (KKP) dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) pemenang lelang blok migas.

    Ia mengatakan KKP tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan eksplorasi. Ia bilang dengan adanya KKP maka kegiatan eksplorasi di Tanah Air bisa diperbaiki dan didorong lebih masif lagi.

    Dwi mengatakan hingga saat ini KKP yang terkumpul mencapai USD2,4 miliar atau setara dengan lebih dari Rp30 triliun. Dia bilang dana tersebut harus dibelanjakan atau digunakan untuk pengembangan lapangan-lapangan migas.

    Apalagi, kata Dwi, dari 128 cekungan atau lapangan migas yang ada, baru 54 cekungan yang dieksplor dan dari angka tersebut baru 18 cekungan yang berproduksi. Artinya masih banyak lapangan yang harus dieksekusi.

    "Semoga ini bisa menggiatkan eksplorasi ke depan," jelas mantan Direktur Utama Semen Indonesia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id