Setelah Lebaran, PLN Terbitkan Global Bond USD2 Miliar

    Suci Sedya Utami - 16 April 2019 15:28 WIB
    Setelah Lebaran, PLN Terbitkan Global Bond USD2 Miliar
    Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Dok ; MI.
    Jakarta: PT PLN (Persero) bakal kembali menerbitkan global bond di tahun ini. Penerbitan tersebut rencananya akan dilakukan di semester I-2019.

    Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan paling cepat penerbitan dilakukan setelah lebaran yang jatuh pada Juni 2019. PLN masih dalam proses beauty contest untuk memilih arranger penerbitan tersebut.

    "Mudah-mudahan maksimum semester ini, mungkin setelah Lebaran," kata Sofyan ditemui di kawasan GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2019.

    Sofyan mengatakan besaran obligasi berdenominasi USD yang akan diterbitkan tahun ini sekitar USD2 miliar. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

    "Kira-kira antara USD1,5 miliar-USD2 miliar," ujar mantan Direktur Utama BRI ini.

    Ia menuturkan penerbitan akan dilakukan bertahap dengan tenor panjang. Tenor yang mungkin dipilih yakni 10 tahun hingga 15 tahun.

    Dirinya mengatakan penerbitan obligasi ini diperlukan untuk menambah kebutuhan belanja modal (capital expenditure/ capex) di tahun ini serta untuk melunasi pinjaman jatuh tempo tahun ini. Adapun capex internal tahun ini sekitar Rp90 triliun-Rp100 triliun.

    Dia bilang belanja modal tahun ini untuk keperluan pembangkit serta pembangunan transmisi. Tahun ini penambahan kapasitas pembangkit PLN sebesar 4.023 megawatt serta penambahan transmisi sepanjang 13.529 kilometer sirkuit (kms).

    "Kebanyakan di transmisi sama untuk menutup atau meng-cover listrik di daerah-daerah terkecil yang masih banyak," jelas dia.

    Lebih jauh dia menambahkan selain berasal dari ekuitas internal perusahaan dan global bond, PLN juga akan mengajukan pinjaman dari perbankan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan capex. Sofyan bilang hal ini dilakukan sebab penyertaan modal negara (PMN) tidak maksimal untuk bisa memenuhi kebutuhan capex. Dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2019, PLN mendapatkan kucuran modal dari pemerintah sebesar Rp6,5 triliun. 




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id