Kembangkan EBT, Cara Pertamina Jaga Penurunan Pendapatan

    Suci Sedya Utami - 24 Juli 2019 17:24 WIB
    Kembangkan EBT, Cara Pertamina Jaga Penurunan Pendapatan
    Illustrasi. MI/RAMDANI.
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) ikut mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di tengah adanya penurunan bisnis minyak dan gas (migas) yang berdampak pada pendapatan perusahaan.

    Spv Research and Development Pertamina Dadi Sugiana mengatakan porsi penggunaan minyak dalam energi mix akan turun dari 46 persen ke 25 persen. Turunnya porsi tersebut akan menjadi tantangan bagi Pertamina sebab pendapatan yang dihasilkan ikut menurun.

    Oleh karenanya Pertamina turut dalam mengembangkan EBT agar dengan memanfaatkan aset yang dimiliki untuk membuat bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan misalnya biodiesel. Sehingga meski terjadi distrubsi pada bisnis migas, fasilitas atau aset tetap bisa difungsikan.

    "Walaupun bisnis oil turun tapi bisnis fuel-nya tetap bertahan sehingga fasilitas kilang minyak dan distribusi bisa dimanfaatkan selamanya. Itu cara bagaimana Pertamina survive di tengah oil disruption," kata Dadi dalam FGD mengenai pengembangan EBT di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

    Pada 2018, Pertamina membukukan pendapatan USD57,933 miliar atau meningkat hingga 34,9 persen dari 2017. Untuk laba bersih, Pertamina berhasil meraup USD2,526 miliar dengan aset mencapai USD64,7 miliar dan 31.569 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

    Selain itu, Pertamina juga mengembangkan EBT dengan memasang solar rooftop photovolaik (PV) atau pemasangan aplikasi panel surya di atas atap yang bisa menyerap energi matahari menjadi energi listrik. Dadi mengatakan Solar PV merupakan usaha Pertamina dalam meningkatkan efisiensi. Oleh karenanya perusahaan pelat merah ini mendorong pengembangan EBT di tahah air agar lebih masif.

    "Kami pertamina sangat mendukung pengembangan EBT. Kalau kami tujuannya untuk efisiensi dan mengembangkan bisnis di luar minyak," jelas Dadi.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id