Jatim Kini Penghasil Minyak Terbesar di Indonesia

    Suci Sedya Utami - 17 Desember 2019 20:22 WIB
    Jatim Kini Penghasil Minyak Terbesar di Indonesia
    Ilustrasi. Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
    Bojonegoro: Provinsi Jawa Timur (Jatim) kini menempati posisi utama sebagai daerah penghasil minyak terbesar di Tanah Air. Jatim telah mengalahkan Provinsi Riau yang sebelumnya merupakan produsen minyak nomor satu Indonesia.

    Dalam peresmian produksi minyak perdana Lapangan Kedung Keris, Blok Cepu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim Setiaji mengatakan, dengan adanya produksi perdana ini semakin menambah pasokan minyak di Jatim sehingga menjadikan daerah tersebut sebagai produksi minyak terbesar.

    "Kalau dulu di Riau, sekarang sudah diambil alih Jatim. Mungkin lebih dari 305 ribu barel per hari, atau 30-35 persen dari produksi minyak nasional," kata Setiaji di Lapangan Kedung Keris, Bojonegoro,  Selasa, 17 Desember 2019.

    Setiaji mengatakan apabila kiranya masih ditemukan lapangan minyak baru yang dinilai memiliki potensi, ia meminta pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM untuk segera membawa pada investor atau perusahaan-perusahaan besar agar bisa mendorong produksi minyak dan gas bumi (migas) di Jatim lebih besar.

    Dalam kesempatan yang sama, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto membenarkan, saat ini Jatim menjadi produsen minyak terbesar. Dia bilang Jatim menjadi perhatian pemerintah tidak hanya karena aspek produksi minyaknya, namun juga dari sisi pertumbuhan industri.

    Dwi bilang dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri di Jatim maka kebutuhan bahan bakar juga meningkat terutama untuk gas. Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) ini menambahkan, pihaknya akan turut menggenjot produksi gas di wilayah Jatim. Dia bilang SKK Migas mendorong agar Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) meningkatkan kegiatan eksplorasi di manapun.

    "Kami sedang melakukan pengaturan agar dapat memenuhi kebutuhan gas di Jatim," jelas Dwi.

     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id