MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Skema Tarif ala Prabowo Akan Membebani PLN

    Suci Sedya Utami - 12 April 2019 18:33 WIB
    Skema Tarif ala Prabowo Akan Membebani PLN
    Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
    Depok: Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjanjikan penurunan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 20 persen dalam waktu 100 hari apabila menang dalam Pilpres 2019. Namun, bila itu yang terjadi, PLN akan menanggung beban subsidi sebesar Rp60 triliun.

    Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan, ada dua cara cepat menurunkan tarif listrik. Pertama, menambah subsidi. Kedua, efisiensi.
    Djoko mengatakan subsidi listrik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dialokasikan sebesar Rp57 triliun. "Itu paling cepat kalau jangka waktunya 100 hari," kata Djoko ditemui di PLN Pusat Pengaturan Beban (P2B) Jawa Bali di Gandul, Cinere, Depok, Jumat, 12 April 2019.

    Selain subsidi, cara lainnya yakni dengan melakukan efisiensi dalam pembangunan proyek pembangkit listrik dari yang mahal dengan teknologi baru yang relatif murah. PLN pun saat ini sudah mulai menerapkan teknologi ultra super critical dengan sizing yang besar.

    "Dia akan murah 4,2 sen, itu bisa menurunkan harga jual," ujar dia.

    Namun untuk membangun pembangkit pun memerlukan waktu. Contohnya saja proyek 35 ribu megawatt yang mulai jalan pada 2015, baru selesai dikerjakan paling cepat pada September tahun ini atau butuh waktu sekitar 4-5 tahun.

    "Tapi kalau lima tahun ya kita ganti pembangkit-pembangkit yang tadinya mahal karena tidak efisien dengan teknologi baru," jelas dia.

    Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno berjanji di hadapan mak-mak Sukabumi, Jawa Barat, akan menurunkan tarif listrik hingga 20 persen agar sisa uang untuk pembayaran listrik bisa digunakan untuk kepentingan keluarga dan dompet terisi uang.

    "Jika ingin tarif listrik pilih Prabowo Sandi, Insyaallah listrik secara bertahap lima tahun ke depan kita turunkan harganya. Paling tidak 20 persen, sementara uangnya kita kembalikan kemana ke kantong emak-emak biar terisi penuh uang," katanya saat kampanye akbar di Sukabumi, Kamis, 11 April lalu.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id