PLN Targetkan 27 Desa di Sumsel Teraliri Listrik

    Antara - 29 Oktober 2019 14:04 WIB
    PLN Targetkan 27 Desa di Sumsel Teraliri Listrik
    Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
    Palembang: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menargetkan sebanyak 27 desa dialiri listrik pada 2019 sehingga dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah tersebut. Adapun dari 27 desa tersebut terdapat 11 desa yang sudah dialiri listrik.

    "Jadi ada 16 desa lagi yang akan menyusul teraliri listrik. Progresnya sudah jalan dan kami pastikan bisa selesai pada akhir Desember," kata General Manager PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Daryono, di Palembang, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 29 Oktober 2019.

    Daryono memaparkan belasan desa yang akan berlistrik itu berada di sejumlah kabupaten, yakni Musi Banyuasin tujuh desa, Banyuasin enam desa, Ogan Ilir satu desa dan Ogan Komering Ulu Selatan du adesa. Saat ini rasio elektrifikasi di Sumsel sudah mencapai 98 persen sehingga penambahan jumlah desa berlistrik tahun ini sebetulnya tidak signifikan mendongkrak rasio.

    "Akan menambah sekian persen, rasio elektrifikasi tersebut bisa menjadi 100 persen pada tahun depan karena akan lebih banyak desa yang akan dialiri listrik," kata dia.

    Meski demikian, Daryono menambahkan, PLN akan berupaya keras untuk mengaliri listrik lebih banyak lagi pada tahun depan. Adapun sasarannya adalah desa-desa yang masih sulit terjangkau baik karena persoalan infrastruktur maupun kondisi geografis, seperti berada di wilayah perairan dan hutan lindung.

    "Ada sekitar 30 desa lagi yang memiliki tantangan baik karena berada di hutan lindung maupun di perairan. Targetnya tahun depan sehingga Sumsel bisa 100 persen berlistrik," kata dia.

    Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya optimistis Sumsel bisa 100 persen berlistrik pada 2020. Hal itu karena kapasitas pembangkit ketenagalistrikan di Sumsel mencapai 2.168,44 mega watt berasal dari 18 pembangkit milik PLN dan IPP (Independent Power Producer) sehingga menjadikan sumber listrik di provinsi ini mencukupi kebutuhan.

    "Untuk mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah," tutup dia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id