INDY Pastikan Tangki Penyimpanan BBM Exxon Rampung di 2020

    Annisa ayu artanti - 26 April 2019 09:04 WIB
    INDY Pastikan Tangki Penyimpanan BBM Exxon Rampung di 2020
    ExxonMobil. (FOTO: dok AFP)



    Jakarta: PT Indika Energy Tbk (INDY) memastikan pembangunan fasilitas penyimpanan bahan bakar minyak di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur akan selesai pada semester II-2020. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 20 persen.

    Direktur Indika Energy Aziz Armand menjelaskan pembangunan fasilitas ini merupakan inisiatif diversikasi usaha. Fasilitas ini diperuntukkan bagi ExxonMobil sering strategi bisnisnya masuk ke pasar retail Indonesia.






    INDY, dalam inisiatif diversikasi usaha ini mengeluarkan anggaran sebesar USD108 juta. Sebanyak USD75 juta diperoleh dari pinjaman perbankan yaitu Bank Mandiri, MUFG Bank, dan ICIC Bank. Sementara sisanya berasal dari ekuitas.

    "Investasinya belum dilakukan di 2018. Baru 2019 pengerjaan fisik," kata Aziz usai rapat umum pemegang saham luar biasa, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

    Aziz menuturkan ketika pembangunan fasilitas tersebut rampung pada semester II-2020 akan menampung 75 juta liter diesel, 13 juta liter mogas, dan delapan juta liter B100. Bahan bakar tersebut akan disuplai dari Singapura.

    Direktur Indika Energy Eddy Junaedy Danu menambahkan pembangunan fasilitas baru dilakukan pada pertengahan Januari 2019. Saat ini perkembangannya sudah mencapai 20 persen.

    "Kita kan baru mulai Januari, sekarang kira-kira sudah 10-20 persen lah. Proses engineering sudah, pembebasan lahan juga sudah," imbuh Eddy.

    Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indika Energy menyatakan pihaknya melalui anak usaha, PT Kariangau Gapura Terminal Energi (KGTE) telah menandatangani Storage Facility Service Agreement dengan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

    KGTE akan membangun, memiliki dan mengoperasikan terminal untuk penyimpanan dan pengiriman bahan bakar dan jasa lainnya di Kariangau, Kalimantan Timur, eksklusif ke Exxon. Di fasilitas tersebut, Exxon memiliki jangka waktu kontrak selama 20 tahun dengan opsi perpanjangan 10 tahun.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id