• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

BBM Satu Harga Jangkau 55 Lokasi se-Indonesia

Gervin Nathaniel Purba - 12 Oktober 2018 15:50 wib
Direktur Utama PT Pertamina Persero (Tbk) Nicke Widyawati
Direktur Utama PT Pertamina Persero (Tbk) Nicke Widyawati (Foto:Metro TV)

Nusa Dua: PT Pertamina Persero (Tbk) hingga 3 Oktober 2018 telah merealisasikan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di 55 lokasi daerah terluar Indonesia. Pertamina optimistis mencapai target merealisasikan di 67 lokasi hingga akhir 2018.

"Optimistis tahun ini tercapai 67 lokasi," ujar Direktur Utama PT Pertamina Persero (Tbk) Nicke Widyawati, saat wawancara dengan Metro TV di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Jika tahun ini mencapai target, maka total 121 lokasi BBM satu harga berhasil direalisasikan. Pertamina telah merealisasikan di 54 lokasi pada 2017. Kemudian, pada 2019 akan ditambah di 29 lokasi. "Minimal 150 lokasi kita ciptakan sampai 2019," ujar Nicke.

Satu Harga di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) terutama di wilayah timur Indonesia, antara lain di Nusa Tenggara, Papua, Maluku, dan pulau-pulau kecil yang selama ini masih sulit diakses. Keterbatasan akses transportasi menjadi tantangan dalam mendistribusikan BBM ke wilayah tersebut terkait kondisi geografisnya."Proses pendistribusiannya memakan waktu selama dua hari, dua malam. Ada juga yang harus menggunakan pesawat karena lokasinya di atas gunung," katanya.

Nicke menegaskan penerapan BBM satu harga tidak mengganggu kondisi keuangan Pertamina akibat harga minyak mentah yang terus merangkak naik. Menurutnya, kenaikan harga minyak dunia hanya memberikan dampak kecil.

"Kalau dilihat, volume penyaluran BBM Satu Harga untuk 109 lokasi yang telah kami salurkan, sebesar 5.700 kiloliter (kl) per bulan, atau hanya 0,3 persen dari total volume penjualan BBM Pertamina. Sebetulnya relatif kecil kok, tidak terlalu besar. Jadi bisa dilakukan subsidi silang karena produk Pertamina cukup banyak, dari hulu ke hilir," kata Nicke menjelaskan.


Menciptakan Kemandirian dan Kedaulatan Energi

Nicke mengatakan Indonesia memiliki banyak potensi untuk pengembangan energi baru dan terbarukan, salah satunya bioenergi.



"Ke depannya, kita ingin menciptakan ketahanan kemandirian dan kedaulatan energi, kita harus optimalkan. Karena kita punya banyak potensi hari ini dari kelapa sawit, dan mungkin bisa saja dari sagu," kata Nicke.

Pertamina, kata Nicke, tengah melakukan penelitian dan pengembangan dalam mengeksplorasi semua potensi tersebut. "Semua potensi bioenergi akan dieskplorasi terus, karena kita akan masuk ke sana. Kalau tidak dieksplorasi, akan impor terus," tuturnya.


Koordinator Pavilion Indonesia

 
(Foto:Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini)

Saat ini, Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 yang sedang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Pada acara tersebut, diadakan juga Pavilion Indonesia yang berisi pameran serba-serbi terkait Indonesia, seperti pameran kesenian dan produk-produk lokal. Pertamina juga turut terlibat dalam pameran tersebut.

"Acara ini ada Pavilion Indonesia, itu CSR semua yang koordinir Pertamina," ucap Nicke.

Indonesia Pavilion merupakan kerja sama Kementerian BUMN bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Kementerian Keuangan.

Gagasan lain yang ingin disematkan dalam Indonesia Pavilion ialah semangat Nawacita pada setiap aspek pembangunan. Indonesia Pavilion terletak di area utama pertemuan Nusa Dua. Ada beberapa ruangan tematik seperti BUMN Hall, Area Workshop, area pameran, VIP Lounge, dan Stage Pavilion/Coffee Shop.


(ROS)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.