Tak hanya Claus Wamafma, Banyak Putra Papua Duduk Jabatan Penting Freeport

    Suci Sedya Utami - 19 Februari 2020 17:33 WIB
    Tak hanya Claus Wamafma, Banyak Putra Papua Duduk Jabatan Penting Freeport
    Direktur di PT Freeport Indonesia (PTFI) Claus Wamafma. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami
    Jakarta: Claus Wamafma diangkat menjadi Direktur di PT Freeport Indonesia (PTFI). Namun rupanya, tidak hanya Claus putra Papua yang menduduki jabatan penting di perusahaan tambang.

    Claus mengatakan banyak putra daerah Papua yang juga berkarier dan mendapatkan kesempatan untuk menjabat di posisi strategis pada perusahaan tersebut. Ia bilang PTFI memberikan kesempatan pada putra asli Papua melalui proses sesuai kaidah yang ada.

    "Banyak yang bagus, saat ini yang sampai jajaran menengah atas dan level eksekutifnya ada 10 di sana dan manajernya lebih dari 40," kata Claus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.

    Lebih jauh dirinya optimistis dengan potensi putra-putri daerah dengan latar belakang pendidikan yang luar biasa dan dengan pelatihan yang ada di perusahaan. Ke depannya, dia berharap akan lebih banyak lagi yang akan berkarier dan menjabat posisi strategis di PTFI.

    "Saya juga prosesnya cukup lama dan utuh dari fresh graduate, terpapar dengan operasi, percampuran orang bagian di Indonesia ada di sana dan kami bisa jalan. Kami harap bisa lebih bagus ke depan," tandas dia.

    Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan dengan hadirnya Claus membuktikan Papua mampu menduduki jabatan direksi di PTFI. "Kita perlu bangga," kata Tony.

    Ia mengatakan PTFI terus melipatgandakan tenaga kerja asli Papua dengan melakukan program pelatihan kompetensi dasar dan tingkat lanjut, kegiatan magang dan lain sebagainya.

    Pengangkatan Claus Wamafma tersebut juga mendapat apresiasi dari para anggota dewan, salah satunya anggota Komisi VII DPR Fraksi Partai NasDem Ina Elisabeth Kobak.

    "Saya apresiasi kepada kakak saya, kakak Claus. Saya bangga kakak bisa duduk di sana. Ke depannya saya harapkan banyak orang Papua yang bisa duduk di sana," kata Ina.

    Berdasarkan data PTFI, jumlah karyawan langsung saat ini mencapai 7.096 orang. Dari jumlah tersebut  yang asli Papua sebanyak 2.890 orang atau 40,7 persen, non-Papua 4.061 orang atau 57,2 persen dan tenaga kerja asing 145 orang atau 2,1 persen.

    Sedangkan total karyawan PTFI dan mitra sebanyak 30.542 orang yang terdiri dari 7.529 orang atau 24,7 persen asli Papua, 22.184 orang atau 72,6 persen non-Papua serta 829 orang atau 2,7 persen tenaga kerja asing.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id