Penurunan Harga BBM Permintaan Jokowi

    Ilham Pratama Putra - 05 Januari 2020 14:53 WIB
    Penurunan Harga BBM Permintaan Jokowi
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) tak lepas dari gejolak harga minyak dunia. PT Pertamina (Persero) menyesuaikan harga BBM umum jenis bensin dan solar mulai Minggu, 5 Januari 2020. 

    "Ya memang itu yang diminta oleh Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) kan kita harus antisipasi. Karena yang namanya ekonomi dunia ini adalah sesuatu yang fluktuatif dan tidak bisa diprediksi," kata Erick di Gudang Patria Angkasa Pura, Tangerang, Minggu 5 Januari 2020.

    Dia menilai gejolak harga minyak juga dipengaruhi memanasnya hubungan Amerika Serikat dan Iran. Erick memastikan pihaknya telah menyiapkan strategi buat mengantisipasi lonjakan harga minyak ke depan. 

    “Kami mulai tender, bukan melalui trader, tapi langsung kepada perusahaan yang menghasilkan minyak yang selama ini belum dilakukan. Ini langsung ke perusahaan Total, tidak ada perantara,” ujar Erick.

    Dia menjelaskan dengan membeli minyak langsung kepada produsen dapat memangkas beberapa biaya. Erick memprediksi harga minyak akan lebih murah.

    “Iya kan supaya bisa cut, memangkas pada margin yang tidak perlu, salah satunya tender dengan AS. Harga jelas lebih murah 5 sampai 6 dollar AS (per barel)," jelas Erick. 

    Erick menuturkan pihaknya bakal turut mengusahakan pengurangan impor minyak. Terlebih, pemerintah baru saja meluncurkan penggunaan biodiesel 30 persen atau biasa disebut B30.

    “Impor migas bukan hanya jangka pendek, tapi menengah dan panjang harus dilakukan, bertahap dengan refinery dan lifting, dan sumur minyak yang ada di Pertamina,” papar dia.

    Penyesuaian harga buat jenis BBM Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.
     
    Berikut penyesuaian harga di wilayah Jakarta:
     
    1. Pertamax turun Rp650 per liter dari harga semula Rp9.850 per liter menjadi Rp9.200 per liter.
    2. Pertamax Turbo turun Rp1.300 per liter dari harga semula Rp11.200 menjadi Rp 9.900 per liter.
    3. Pertamina Dex turun Rp1.500 per liter dari harga semula Rp11.700 menjadi Rp10.200 per liter.
    4. Dexlite turun Rp700 per liter dari harga semula Rp10.200 menjadi Rp9.500 per liter.






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id