Baran Energy Incar Insentif Fiskal dari Pemerintah

    Nia Deviyana - 18 Juli 2019 19:14 WIB
    Baran Energy Incar Insentif Fiskal dari Pemerintah
    Illustrasi. ANT/Rosa Panggabean.
    Jakarta: Insentif fiskal super deduction tax yang akan diresmikan pemerintah terbukti diminati pengusaha. Baran Energy, salah satunya. Perusahaan rintisan (startup) yang fokus pada pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) ini berencana menggandeng Panasonic Indonesia selaku perusahaan dalam negeri agar bisa menghemat biaya produksi.

    "Pak (Presiden) Jokowi kan menawarkan insentif sampai 300 persen ya untuk perusahaan yang berinvestasi di Research and Development (R&D). Itu yang akan kami kejar. Dengan kolaborasi bersama Panasonic Indonesia, biaya produksi bisa lebih murah hingga 20 persen," ujar Founder dan CEO Baran Energy Victor Wirawan di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli 2019.

    Baran Energy baru saja meluncurkan energy storage system, baterai penyimpanan energi skala besar yang memanfaatkan solar panel untuk menghasilkan energi dari matahari, angin, maupun air.

    Produk yang dikembangkan memiliki tiga varian yaitu PowerWall yang berkapasitas 8,8 kWh yang bisa dipakai di rumah atau industri berskala kecil, kemudian PowerPack 126 kWh untuk industri berskala menengah, serta PowerCube 1,2 Mwh untuk industri berskala besar.

    Untuk menghasilkan teknologi ini, Victor mengaku telah melakukan riset yang cukup lama. "Dan sebetulnya sudah mau kita luncurkan dari tahun lalu, tapi pasarnya baru mendukung sekarang-sekarang ini," imbuhnya.

    Victor menambahkan untuk pengembangan produknya, perusahaan harus menggelontorkan biaya yang tidak murah, yakni sekitar Rp200 miliar. Namun, pihaknya optimistis dalam beberapa tahun masyarakat Indonesia akan bertransformasi menggunakan energi yang ramah lingkungan.

    "Kalau kita perhatikan toko-toko saja sudah berganti menjadi online, bank bersaing dengan fintech, mobil konvensional menjadi mobil listrik, begitu juga dengan energi. Tidak menutup kemungkinan nantinya setiap rumah bisa menghasilkan energi sendiri, dan bisa dijual kan?" pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id