Pembangunan Dua Smelter Dikebut Tahun Ini

Suci Sedya Utami - 10 Januari 2019 09:32 wib
Gedung Kementerian ESDM (Foto: Setkab)
Gedung Kementerian ESDM (Foto: Setkab)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan jumlah fasilitas pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) yang terbangun dan beroperasi hingga 2021 sebanyak 31.

Direktur Mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan dari jumlah tersebut mayoritas merupakan smelter untuk nikel. Sebab nikel merupakan komoditas mineral yang saat ini memiliki nilai tambah dan produksi yang paling banyak.

"Lebih dari 50 persennya adalah smelter nikel," kata Yunus, di Kantor Ditjen Minerba, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Januari 2019.

Tahun lalu, dua smelter nikel telah beroperasi yakni milik PT Virtue Dragon dan PT Bintang Smelter Indonesia. Artinya total smelter yang beropersai hingga 2018 mencapai sebanyak 27. Untuk tahun ini rencananya ada tambahan dua smelter milik PT Antam di Tanjung Buli, Halmahera, Maluku Utara yang proses pembangunannya hampir selesai.

Kemudian smelter lainnya di Pulau Obi, Maluku Utara yang juga dipercepat pembangunannya. "Smelter Antam bisa beropersai sekitar Juni, yang satu lagi mungkin mepet di Desember," tutur Yunus.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, pemerintah akan terus melakukan pengawasan tahun ini dan tahun depan. Sebab 2021 merupakan batas waktu penyelesaian pembangunan smelter. "Apabila tidak ada progress maka ada sanksi atau denda 20 persen. Tapi sejauh ini tidak ada yang kena," pungkas dia.


(ABD)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.