Pertamina Harus Mulai Diversifikasi Bisnis Energi

    Nia Deviyana - 27 November 2019 15:34 WIB
    Pertamina Harus Mulai Diversifikasi Bisnis Energi
    Wakil Komisaris Utama Pertamina Budi Gunadi Sadikin. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
    Jakarta: Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Budi Gunadi Sadikin menginginkan adanya diversifikasi bisnis di perusahaan pelat merah itu. Hal tersebut seiring dengan peralihan energi fosil ke energi baru dan terbarukan (EBT).

    "Kalau dulu beberapa industri di pabrik menggunakan oil fuel, mungkin enggak gitu nanti ke depan, sistem berubah. Sekarang sumber primer sebagian besar masih fosil, nanti bisa pakai solar panel, biomassa, atau apa saja," ujar Budi di acara Pertamina Energy Forum, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    Budi menilai langkah awal diversifikasi energi bisa dilakukan dengan menggarap sumber energi lokal, yakni membangun panel surya di pulau-pulau terpencil dibandingkan membangun sumber energi skala besar.

    "Mungkin lebih make sense bikin solar-solar panel di pulau terpencil, tinggal tambah baterai untuk malam hari," imbuhnya.

    Budi menilai ke depan Indonesia bisa mencontoh pemanfaatan bekas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Eropa yang dimaksimalkan untuk memproduksi sampah menjadi biomassa.

    "Nah, tiap hari kan kita bikin sampah jadi kenapa enggak dipakai. Kita juga tropical forest, pohon tumbuh dan gugur daunnya cepat. Sehingga EBT enggak selalu harus solar panel," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id