pln  

PLN Operasionalkan 19 Gardu Induk dan Transmisi

Kautsar Widya Prabowo - 16 Mei 2018 18:12 wib
Ilustrasi. (Foto: Antara/Adimaja).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Adimaja).

Depok: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) telah menyelesaikan 19 proyek Gardu Induk (GI), jaringan transmisi, dan saluran kabel tegangan tinggi yang sudah diselesaikan dan dioperasikan di Regional Jawa Bagian Barat (RJBB).

Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto menjelaskan proyek tersebut belum termasuk pekerjaan-pekerjaan jaringan tegangan menengah dan jaringan tegangan rendah yang dilakukan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Distribusi Banten.

"Penyelesaian proyek ini dilakukan oleh PLN Unit Transmisi Jawa Bagian Barat, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, dan PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera, Jawa," ujarnya di GI Gandul, Depok, Rabu, 16 Mei 2018.

Adapun 19 proyek yang diresmikan hari ini adalah 11 proyek yang dikerjakan PT PLN Unit Transmisi Jawa Bagian Barat dengan biaya Rp251 miliar bertegangan 860 Mega Volt Ampere (MVA) dan panjang transmisi/Saluran Kabel Tengangan Tinggi (SKTT) 34,95 kilometer sirkit (KMS).

Lima proyek yang dikerjakan PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat dengan biaya Rp905 miliar bertegangan 1.060 MVA dan panjang transmisi/SKTT 8,78 kms.

Sementara tiga proyek dikerjakan PT PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera, Jawa. Biaya yang dihabiskan proyek ini senilai Rp222 miliar bertegangan 300 MVA dan panjang transmisi/SKTT 1,5 kms.

"Total 19 proyek, 2.040 MVA, Transmisi/SKTT 52,83 kms ini (biaya keseluruhannya adalah) Rp1.379 triliun," tambahnya.

Dia mengatakan, dengan adanya tambahan penyelesaian proyek Gardu Induk dan Transmisi ini, diharapkan kebutuhan pelayanan listrik di wilayah DKI Jakarta Raya dan Banten dapat terpenuhi.

"Termasuk fasilitas keliatrikan guna mendukung penyelenggaraan Asian Games yang dilaksanakan Agustus nanti," ujarnya.

Lebih lanjut General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Robert Purba mengharapkan seluruh proyek lainnya yang tidak hanya 19 dapat selesai dapat waktunya dan biaya yang telah disiapkan.

Pasalnya Direktur Utama PLN Sofyan Basir menegaskan untuk dapat meminimalisir biaya-biaya over head yang tidak diperlukan, namun tetap mengedepankan Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Masih ada 200 unit proyek di 303 lokasi kami harapkan dapat selesai sesuai target," tutur Purba.


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.