migas  

Pemerintah Bakal Lelang Lima Blok Migas di Januari

Suci Sedya Utami - 11 Januari 2019 19:10 wib
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melelang lima wilayah kerja atau blok minyak dan gas (migas) untuk tahap pertama 2019.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan rencananya lelang tersebut akan dilakukan di Januari. "Di akhir Januari," kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Januari 2019.

Dirinya menyebutkan dari lima blok tersebut tiga di antaranya yaitu blok eksplorasi dan dua sisanya adalah blok eks-produksi. Tiga blok eksplorasi yakni Blok Anambas, Blok West Ganal yang merupakan bagian dari Blok Makassar Strait yang dikeluarkan serta Blok West Kaimana. Sementara dua blok eks-produksi yakni Blok West Kampar dan Blok Selat Panjang.

Adapun tahun lalu sembilan blok laku dilelang dengan skema bagi hasil atau gross split.  Sembilan blok tersebut di antaranya Blok Citarum, Blok East Ganal, Blok East Seram, Blok Southeast Jambi, Blok South Jambi B, Blok Banyumas, Blok South Andaman, Blok South Sekakemang, dan Blok Maratatua.

Dari jumlah tersebut secara kumulatif hingga 2018 total blok migas yang telah dilelang dengan skema gross split menjadi 36 blok. Dari lelang-lelang gross split tersebut bonus tanda tangan yang masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga 2018 sebesar USD895,4 juta atau Rp13,4 triliun.

"Dari situ (sembilan blok) kita dapat bonus tanda tangan termasuk untuk wilayah kerja yang sudah berakhir kontraknya dan dilanjutkan sebesar Rp13,4 triliun," ujar dia.

Lebih jauh ditambahkan, perkirakan investasi dari lelang blok-blok tersebut mencapai sebesar USD2,1 miliar atau setara Rp31,5 triliun.


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.