2.486 Gardu PLN Kembali Normal Pascabanjir

    Suci Sedya Utami - 27 Februari 2020 19:06 WIB
    2.486 Gardu PLN Kembali Normal Pascabanjir
    Ilustrasi gardu PLN. Foto: dok PLN
    Jakarta: Sebanyak 2.486 gardu PT PLN (Persero) kembali normal pascabanjir pada 25-26 Februari lalu. Gardu distribusi yang ada di wilayah DKI Jakarta dan Banten itu sempat mati.

    Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan jumlah gardu yang normal itu dari total 2.510 gardu terdampak di Jakarta, Banten dan Jabar.

    Terpantau pukul 15.00 WIB, Gardu yang belum beroperasi tinggal 25 gardu distribusi dan keseluruhannya berada di wilayah Jawa Barat.

    “Alhamdulillah listrik di Jakarta dan Banten sudah normal 100 persen, setelah kami pastikan seluruh wilayah aman dari banjir," kata Made dalam keterangan resmi, Kamis, 27 Februari 2020.

    Dalam proses penormalan listrik paska banjir di DKI Jakarta, Jabar dan Banten, PLN telah mengerahkan 2.383 personil untuk rutin melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

    PLN akan menyalakan aliran listrik jika gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan telah dipastikan aman, lalu dilakukan penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman. Jadi jika wilayah tertentu belum dipastikan aman dari genangan air, maka aliran listriknya masih PLN amankan.

    Sebelumnya, PLN terpaksa melakukan pengamanan kelistrikan dengan cara tidak mengoperasikan sementara di sejumlah wilayah akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik yang melanda sebagian DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Hal ini dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

    Adapun untuk wilayah Jawa Barat, wilayah yang masih belum dinormalkan diantaranya adalah sebagian Cikarang, Bekasi, Karawang dan Purwakarta, diharapkan dapat segera surut. Sehingga pasokan listrik dapat segera kembali normal di seluruh wilayah Jawa Barat.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id