KESDM Tetapkan Kuota DMO Batu Bara 25%

    Suci Sedya Utami - 10 Januari 2019 09:17 WIB
    KESDM Tetapkan Kuota DMO Batu Bara 25%
    Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)
    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menentukan kuota pasar domestik atau Domestic Market Obligation (DMO) untuk komoditas batu bara di 2019 sebesar 20-25 persen.

    Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan yang ditetapkan pada tahun lalu. "Besarannya 20-25 persen tergantung besaran produksi nasional," kata Bambang, di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Januari 2018.
    Sementara itu, produksi batu bara nasional tahun ini diperkirakan tidak jauh berbeda dengan capaian di tahun lalu. Dalam realisasinya produksi batu bara di 2018 mencapai 528 juta ton. Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), produksi batu bara di 2019 ditargetkan sebesar 480 juta ton atau lebih rendah dibandingkan dengan capaian tahun lalu.

    Bambang menjelaskan untuk produksi tahun ini masih bisa digenjot terutama yang berasal dari daerah. Meski memang diakui akan berbeda dengan yang dimasukkan dalam RUEN.

    "Memang kondisinya demikian, karena pertimbangannya perusahaan IUP di daerah kan belum bisa ditahan jadi tetap saja masuk," tutur dia, seraya menambahkan bahwa untuk harga DMO tahun ini ditetapkan sebesar USD70 per ton.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id