Pertamina Akan Olah Tumpahan Minyak ONWJ

    Annisa ayu artanti - 15 Agustus 2019 21:16 WIB
    Pertamina Akan Olah Tumpahan Minyak ONWJ
    Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan mengelola kembali tumpahan minyak dari proyek UU blok Offshore North West Java (ONWJ). Saat ini perusahaan tengah menampung tumpahan minyak tersebut

    Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu menuturkan, berdasarkan data terakhir yaitu 14 Agustus, perseroan berhasil mengumpulkan tumpahan minyak sekitar 13.890 barel. Jumlah tersebut berasal dari sekitar lokasi anjungan yaitu sebanyak 6.390 barel dan di darat sebanyak 7.000 ton atau setara sekitar 7.500 barel.

    Hingga hari ini, tim Pertamina Hulu Energi (PHE) terus melakukan upaya menangani tumpahan minyak dari Sumur YYA-1. Salah satu inovasi yang dilakukan melalui penggunaan lancer barge atau torrent.

    Lanser barge atau torrent dapat menampung semburan minyak langsung dari sumbernya. Selama ini, pihaknya mengumpulkan minyak yang telah tumpah di laut.

    "Torrent barge. Per run sekitar 5.000 liter," kata Dharmawan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.

    Dharmawan menjelaskan perusahaan berencana meletakan lancer barge atau torrent di bawah Anjungan YY sehingga dapat menampung langsung semburan minyak dari sumur. Caranya, dengan meletakkan dua kapal masing-masing di kanan dan kiri anjungan dan menyambungkannya dengan tali ke lancer barge atau torrent. Kedua kapal itu akan menarik dan mengulur lancer barge atau torrent menuju ke kontainer.

    "Ini dilakukan berkali-kali setiap hari untuk mengurangi oil spill yang jatuh di laut," ucap dia.

    Perusahaan juga berencana menempatkan lancer barge atau torrent secara permanen. Menurutnya, permanen lancer barge bisa langsung disambungkan selang yang mengalirkan minyak langsung menuju penampungan tumpahan minyak. Sehingga pengerjaan lebih optimal. Selain itu perusahaan juga berencana meningkatkan kapasitas tampung dari lancer barge atau torrent.

    “Tahap selanjutnya (pakai) rubber boat 25 ton. Ini baru diuji coba dan akan disempurkan terus. Ini akan diefektifkan lagi dengan menggunakan tonase lebih besar,” tukas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id