Lantik Pejabat Kementerian ESDM, Jonan Pesan Jangan Persulit Dunia Usaha

    Suci Sedya Utami - 12 September 2019 14:19 WIB
    Lantik Pejabat Kementerian ESDM, Jonan Pesan Jangan Persulit Dunia Usaha
    Menteri ESDM Ignasius Jonan. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
    Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik 20 pejabat struktural di lingkungan Kementerian ESDM.

    Dalam pelantikan tersebut Jonan berpesan agar para pejabat Kementerian ESDM terus membantu dunia usaha. Dia meminta agar pejabat Kementerian ESDM tidak mempersulit dunia usaha dalam berinvestasi di dalam negeri.

    Jonan mengatakan ada 1,5 juta-2 juta pencari kerja baru di Tanah Air. Apabila dunia usaha kesulitan untuk mengembangkan usahanya, maka lapangan usaha tidak akan bertambah dan dampaknya pengangguran akan bertambah. Akibatnya akan mengganggu stabilitas negara.

    "Saya berpesan enggak boleh kita itu mempersulit pekerjaan orang lain," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 12 September 2019.

    Dia bilang dunia usaha telah membayar pajak dengan tarif 25 persen dari keuntungan yang mereka dapat. Pajak tersebut yang digunakan untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS) serta program-program pemerintah lainnya.

    Dia menuturkan nominal tersebut terbilang besar. Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya menyumbang pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) 15 persen dan sisanya swasta. Artinya apabila swasta tidak diberikan kemudahan maka tidak bisa menciptakan lapangan kerja untuk menyerap para pencari kerja.

    "25 persen itu besar loh, sementara kita hanya bantu mengeluarkan izin. Kalau mereka enggak dibantu, pajaknya bisa turun, maka enggak bisa membiayai berbangsa dan bernegara," jelas Jonan.

    Adapun 20 pegawai yang dilantik terdiri dari satu orang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), lima orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), delapan orang Pejabat Administrator (Eselon III) dan enam orang Pejabat Pengawas (Eselon IV).

    Berikut daftar nama pejabat yang dilantik:

    1. Drs. Sampe L. Purba, M.Com diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam.
    2. Ir. Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam, M.Si diangkat menjadi Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana dari sebelumnya Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
    3. Ir. Mohammad Hidayat diangkat menjadi Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi dari sebelumnya Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana.
    4. Drs. Jacobes Alexsander Timisela diangkat menjadi Inspektur V.
    5. Drs. Wawan Supriatna, M.Pd. diangkat menjadi Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dari sebelumnya Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.
    6. Laode Sulaeman, S.T., M.T. diangkat menjadi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi dari sebelumnya Kepala Subdirektorat Pengembangan Listrik Pedesaan.
    7. Martin Susilo Martopo Turnip, S.H. diangkat menjadi Kepala Bagian Rumah Tangga.
    8. Ujang Sudrajat, S.E. diangkat menjadi Kepala Bidang Pemindahtanganan, Penghapusan, dan Pemanfaatan Barang Milik Negara.
    9. Drs. Dedy Wijaya, M.T. diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Pengangkutan Minyak dan Gas Bumi dari sebelumnya Kepala Subdirektorat Pengawasan dan Pengelolaan Informasi Gas Bumi Melalui Pipa.
    10. Ir. Bukhori Muslim, M.MT. diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Niaga Minyak dan Gas Bumi dari sebelumnya Kepala Subdirektorat Pengaturan Pemanfaatan Fasilitas Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa.
    11. Ir. Budianto Hari Purnomo, M.M diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Pengembangan Listrik Pedesaan dari sebelumnya Kepala Seksi Penyiapan Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan.
    12. Bayu Nugroho, S.T., M.B.A diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Perlindungan Lingkungan Ketenagalistrikan dari sebelumnya Kepala Bidang Pemindahtanganan, Penghapusan, dan Pemanfaatan Barang Milik Negara.
    13. Bayu Satria Pratama, S.T., MEM diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Pengaturan Pemanfaatan Fasilitas Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa dari sebelumnya Kepala Subdirektorat Niaga Minyak dan Gas Bumi.
    14. Muhiddin, S.T., M.K.K.K diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Pengawasan dan Pengelolaan Informasi Gas Bumi Melalui Pipa dari sebelumnya Kepala Subdirektorat Pengangkutan Minyak dan Gas Bumi.
    15. Akhmad Zainul A, S.Sos diangkat menjadi Kepala Subbagian Perlengkapan dan Rumah Tangga dari sebelumnya Pengelola Barang Milik Negara.
    16. Waris Sambodo, S.Kom diangkat menjadi Kepala Seksi Pengembangan Investasi Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi dari sebelumnya Pengelola Teknologi Informasi.
    17. Ir. Litawati, M.Phil diangkat menjadi Kepala Seksi Penyimpanan Gas Bumi dari sebelumnya Kepala Seksi Pengaturan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak.
    18. Tri Mursal, S.T. diangkat menjadi Kepala Seksi Penyiapan Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan dari sebelumnya Analis Lindungan Lingkungan Ketenagalistrikan.
    19. Ramous, S.T., M.T. diangkat menjadi Kepala Subbagian Perlengkapan dari sebelumnya Kepala Seksi Penyimpanan Gas Bumi.
    20. Drs. Heribertus Joko Kristadi, M.Si diangkat menjadi Kepala Seksi Pengaturan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak dari sebelumnya Analis Hubungan Kelembagaan.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id