Inovasi Pertamina EP Hasilkan Penghematan Ratusan Juta

    Suci Sedya Utami - 19 Juni 2019 09:07 WIB
    Inovasi Pertamina EP Hasilkan Penghematan Ratusan Juta
    Ilustrasi lapangan migas Pertamina.
    Bunyu: PT Pertamina EP (PEP) anak perusahaan PT Pertamina (Persero) berupaya untuk terus berinovasi dalam menjalankan tugas mencari sumber minyak dan gas (migas) secara efisien.

    Salah satu inovasi dari lapangan Asset 5 Bunyu Field yang terletak di pulau Bunyu, Kalimantan Utara. PEP Bunyu Field berhasil melakukan penghematan biaya operasional Electric Submersible Pump (ESP) sumur B-135 dengan memasang kabel power Pembangkit Listrik Tenaga Gasifikasi Batubara (PLTG) ke ESP sewa milik SLB. 

    Pemasangan kabel power baru sepanjang 445 meter dari Gathering Station 2 (GS2) menuju sumur B-135 ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2019 dan selesai pada tanggal 31 Maret 2019. Selama terhubung dengan jaringan listrik PLTG PEP Bunyu dari tanggal 31 Maret 2019 hingga tanggal 20 Mei 2019, ESP sumur B-135 tidak mengalami gangguan.

    Dengan adanya pemasangan kabel power tersebut, operasi sumur ESP B-135 tidak membutuhkan bahan bakar solar atau diesel oil fuel. Inovasi ini dapat menghemat biaya operasional ESP sumur B-135 sebesar Rp700 juta setiap hari.

    “Kami memberikan apresiasi untuk tim listrik RAM (Reliability, Availability and Maintainability) sehingga generator sewa tidak digunakan lagi. Satu improvement yang dilakukan tim listrik RAM untuk menghemat biaya operasional dengan tidak lagi membayar sewa generator ESP milik SLB. Hal ini menunjukkan bahwa PEP Bunyu mampu meningkatkan produksi tanpa mengeluarkan biaya operasional yang besar,” terang Bunyu Field Manager Julfrinson Sinaga dlaam keterangan resmi, Rabu, 19 Juni 2019.

    Lebih lanjut Julfrinson menyampaikan apresiasi yang diberikan untuk memotivasi pekerja untuk terus meningkatkan kinerjanya. “Ini merupakan wujud nyata komitmen Pertamina EP Bunyu terhadap peningkatan produksi dan keselamatan kerja dalam operasionalnya,” tegas dia.

    PEP Bunyu merupakan salah satu lapangan minyak dan gas bumi yang beroperasi di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Wilayah operasi PEP Bunyu terletak di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan. 

    Berdasarkan data Mei 2019, produksi minyak mentah (year to date) PEP Bunyu berkisar pada angka 5.613 barel per hari (BOPD) Sedangkan untuk produksi gas bumi  berkisar pada angka 7,534 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Kontribusi minyak PEP Bunyu sebesar 31,6 persen dari produksi PEP Asset 5. Sedangkan kontribusi gas bumi sebesar 51,9 persen dari produksi PEP Asset 5.


    (SCI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id